Info Buku

Posted by Unknown Thursday, December 18, 2014 0 komentar

NO.
KETERANGAN
1.
                          
Judul buku : Prinsip Akuntansi Indonesia
Pengarang   : Ikatan Akuntan Indonesia
Resensi :
Prinsip Akuntansi Indonesia merupakan himpunan prinsip, prosedur, metode dan teknik Akuntansi yang mengatur penyusunan laporan keuangan, khususnya yang ditujukan kepada pihak luar seperti : pemegang saham, kreditur, fiskus, dan sebagainya.
Sama halnya dengan prinsip Akuntansi Indonesia yang lama, perumusan prinsip-prinsip, prosedur, metode dan teknik-teknik dalam Prinsip Akuntansi Indonesia 1984 dibatasi pada hal-hal yang berhubungan dengan akuntansi keuangan dan diungkapkan secara garis besar saja. Prinsip-prinsip yang memerlukan penjabaran lebih lanjut akan diatur dalam “pernyataan” tersendiri. Di samping itu, prinsip-prinsip yang di atur dalam Prinsip Akuntansi Indonesia ini bersifat umum, artinya tidak mencakup praktek akuntansi untuk industri-industri  tertentu, seperti perbankan, asuransi dan lain-lain.

2.
Judul buku : Menyibak Langit Menangis
Pengarang   : A. Yuniarti
Resensi :
 Saat ini bumi telah mengalami kerusakan akibat perilaku manusia yang kurang memperhatikan lingkungan. Salah satunya adalah tingkat pencemaran yang sudah melewati ambang batas. Dengan demikian, kepedulian terhadap masalah lingkungan harus ditanamkan sejak dini agar generasi muda dapat berperan secara aktif dakam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

3.
Judul Buku : Bermain Ala Ilmuan
Pengarang   : Arkobusono S.H
Resensi :
 Sewaktu kecil kalian pasti pernah ingin menjadi seorang ilmuan, maka dalam buku inilah kalian bisa belajar untuk menjadi ilmuan, sangat mudah sebenernya menjadi seorang ilmuan hanya dengan membaca buku ini kalian akan menjadi ilmuan yang super.

4.
Judul Buku : Nama Tuhan di sebuah Kuis
Pengarang : Trie GS
Resensi :
Jika aku berguru, aku tak meminta guru yang dapat mengajariku punya kemampuan terbang dan menghilang. Cukuplah bagiku jika sang guru mau membimbingku untuk belajar menyingkirkan batu di jalan, rela pada keberuntungan orang lain, sabar atas kemalangan diri sendiri, senang melihat tetangganya punya barang baru, mencintai anak-anak, menyayangi hewan… Dari guruku, aku tidak mengharapkan pelajaran apapun selain pelajaran merendahkan diri dan merendahkan hati. Jika ada seseorang yang memiliki kualitas kerendahan hati dalam arti yang sebenarnya. Kepada merekalah aku datang…

5.
Judul Buku : Runtuhnya Hindia Belanda
Pengarang : ONGHOKHAM
Resensi :
Menyerahnya Belanda    kepada Jepang pada bulan Maret 1942 telah dianggap sebagai titik terakhir dari kekuasaan kolonialnya di Indonesia yang telah berlangsung selama tiga abad. Namun tanpa peristiwa itupun, sesungguhnya awal proses runtuhnya kekuasaan colonial Belanda di Indonesia telah Nampak sejak permulaan abad ini ketika benih-benih nasionalisme Indonesia modern mulai menampakkan dirinya. Proses itu makin nyata pada pertengahan tahun 1920-an hingga awal tahun 1940-an dengan munculnya aspirasi dan gerakan-gerakan nasionalis yang dengan tegas menuntut kemerdekaan Indonesia. Situasi internasional yang ditandai oleh perang dunia II, melalui nama Jepang mengambil alih kekuasaan belanda di Indonesia selama 3,5 tahun, hanyalah merupakan factor yang mempercepat proses keruntuhan tersebut yang sudah berakar jauh sebelumnya.

6.
Judul Buku : Catatan Anak Emas Soekarno
Pengarang : Haji G. Malikmass
Resensi :
Di hotel Riechemond, Jenewa pula pertama kali saya menemui Bung peci. Dalam keadaan seperti itu opziener atau istilah sekarang pejabat pemeriksa sekolah pemerintah.
Kalau bersua dalam pertemuan umum, Bung Karno selalu bilang di depan tamu-tamu, ini putera Bangka yang sukses jadi pengusaha nasional.

7.
Judul Buku :  Tambo pada sebuah pertemuan
Pengarang : Gus tf Sakai
Resensi :
Bila tambo biasa kita pahami sebagai dunia lampau. Dan kita sepenuhnya hidup dalam dunia lampau itu, tak demikian dengan Tambo gus. Kita mondar-mandir antara dunia kini dan lampau. Kita hidup dalam dialog antara dunia kini dan lampau. Dunia kini yang yang dunia nyata dan dunia lampau yang dunia impian. Dan kita tidak perlu heran bila dunia lampau dalam novel ini diidealisir, sehingga Gus ingin membawa kita ingin menghidupkan kembali dunia lampau.

8.
Judul Buku : Revolusi Indie Label
Pengarang : JUBE’
Resensi :
Fenomena music Indie seperti punk, hardcore, death metal, Britpop, dan indie pop di Indonesia menciptakan subkultur baru bagi anak muda untuk mengekspresikan dirinya melawan budaya pop. Banyak band terkenal di Indonesia yang mengawali karirnya dari indie lebel sebelum masuk ke label major seperti Pas, Naif, Netral, Koildan Superman is Dead. Buku ini akan mengulas tuntas sejarah kelahiran music indie di Indonesia dan perkembangannya saat ini, serta memberikan tips-tips menjadi band indie yang sukses.

9.
Judul Buku : Perahu yang setia dalam badai
Pengarang : Pramoedy Ananta Toer
Resensi :
Buku ini rasanya tidak terlalu istimewa, jika hanyamembicarakan soal Pramoedya Anata Toer, apalagi, isinya berbagai kumpulan tulisan yang sebelumnya sudah dimuat media massa dan nyaris tak ada yang baru nyaris tak ada perbantahan kecuali, ada yang menganggap Pram adalah sastrawan besar di Indonesia. ada pula yang menganggap Pram berdosa dalam memberangus sastrawan lain pada masa Lekra.

10.
Judul Buku :O Amuk Kapak
Pengarang : Sutardji Calzoum Bachri
Resensi :
Di dasarakan pada pentingnya sosok Sutardji Calzoum Bachri dalam khazanah sastra Indonesia serta kebutuhan mendesak untuk membuka peluang bagi public khususnya public persekolahan untuk dapat membaca sajak-sajak Sutardji Calzoum Bachri yang pernah mengguncangkan dunia perpuisian Indonesia, maka dengan gembira Horison menerbitkan ulang kumpulan puisi O Amuk Kapak yang telah menjadi klasik ini.
Horison yang selama bertahun-tahun terakhir ini bertungkulumus banting tulang lewat berbagai kegiatan untuk meningkatkan minat baca serta daya apresiasi sastra di kalangan siswa sekolah menengah dan mahasiswa.

11.
Judul Buku : Salah Pilih
Pengarang : N. ST Iskandar
Resensi :
          Buku Salah Pilih ini merupakan sebuah roman yang menampilkan adat Minangkabau. Asri dan Asnah adalah para pelaku utama. Asnah, yang masih mempunyai hubungan keluarga dengan Asri, sejak kecil telah menjadi anak angkat ibu Asri. Namun, kedua anak tersebut, berkat pendidikan yang mereka peroleh, dapat hidup rukun seperti layaknya kakak adik.
Kedua remaja ini berpisah ketika Asri harus meneruskan sekolahnya di Jakarta. Lama mereka tidak saling bertemu dan tatkala keduanya bertemu bersua kembali ternyata perasaan bersaudara itu telah berubah.
Baik Asri maupun Asnah mengetahui bahwa menurut adat mereka tidak boleh menikah, sebab masih sepesukan yang masih berasal dalam satu kaum .asri pun lalu menikah dengan anak seorang bangsawan yang masih berpegang teguh pada tradisi lama. Ternyata perkawinan ini tidak membawa kebahagiaan, dan dalam suatu kecelakaan istri Asri meninggal dunia.
Lalu Asri dan Asnan menikah dan keadaan memaksa mereka untuk tinggal di Jawa.ketika mereka kembali lagi ke kampungnya merekapun di sambut dengan gembira. Asri mendapat jabatan penting dan masyarakat pun mengharapkan bimbingannya.

12.
Judul Buku : Tips dan Trik Office Word 2003
Pengarang :Rachmad Hakim S.
Resensi :
Meskipun software Microsoft Word mudah digunakan, pengeditan lebih lanjut yang kompleks dapat menimbulkan kesulitan tersendiri. Tip dan Trik Office Word 2003 ditujukan untuk menjadi solusi sekaligus meningkatkan kemampuan Anda menggunakan aplikasi Word. Dengan konsep ”need and nice to know”, buku ini banyak banyak menerpkan langkah-langkah jitu yang kemungkinan besar masih baru bagi pengguna awam. Pembahasannya yang cukup menyuluruh, terstruktur baik, jelas dan tidak bertele-tele membuat pengguna yang baru belajar word pun akan menjadi cepat mahir serta lebih mudah menggunakan hampir semua fasilitas Word.

13.
Judul Buku : Hukum Ekologi Indonesia
Pengarang : Imam Kabul
Resensi :
Penulis secara runtun menguraikan bagaimana pentingnya hukum, serta korelasi yang luas antara ekologi dan pembangunan sekaligus kronologis sebab akibat pembangunan global yang dapat memberikan pengaruh langsung maupun tidak langsung secara strategis pada tingkat internasional, regional, nasional dan bahkan pada tingkat lokal.

14.
Judul Buku : Harus Bisa!
Pengarang : Dino Patti Djalal
Resensi :
Ide untuk menulis buku ini datang ketika suatu hari saya membersihkan meja kerja saya dan menemukan sekumpulan nota-nota tulisan tangan SBY yang tersimpan di laci. Presiden SBy sering menulis nota-nota ini  dalam rapat cabinet kepada menteri dan stafnya umumnya berisi instruksi, klarifikasi atau meminta dicarikan informasi.

15.
                   
Judul Buku : Misteri Sepotong Tangan
Pengarang : Chie Watari
Resensi :
Komik ini bercerita tentang sebuah paket kiriman yang tak jelas darimana datangnya, paket yang berisi sepotong tangan ini terus menghantui Mitoko dan Akutsu, tak jelas darimana dan dari siapa paket ini di kirim.

16.
Judul Buku : Jangan Salah Gaul
Pengarang   : Hasan Albanna
Resensi       :
Derasnya gelombang petaka pergaulan bebas ternyata telah menghempaskan kaum wanita ke lembah-lembah penderitaan. Sangat tak langka lagi sekarang ini bagi kita untuk menjumpai peristiwa pemerkosaan, pelacuran atau pelecehan seksual terhadap kaum wanita!.
Wanita… ya, lagi-lagi wanitalah yang akhirnya menjadi tumbal utama pergaulan barbar itu. Hamil di luar nikah, dinista, diusir, melahirkan sendiri, mengasuh darah dagingnya seorang diri hingga mencari nafkah dengan sisa-sisa tenaganya sendiri. Kehidupan para wanita korban pergaulan jahiliyyah itu bak telur di ujung tanduk!

17.
Judul Buku : Sejarah Peradaban Islam
Pengarang   : Badri Yatim
Resensi       :
Paling tidak sampai 1970-an, apa yang disebut dengan studi Islam hanya mencakup empat kawasan, yaitu kawasan pengaruh kebudayaan Arab (Timur Tengah dan Afrika Utara, termasuk Spanyol Islam), kawasan pengaruh kebudayaan Persia (Iran dan Negara-negara Islam Asia Tengah), kawasan pengaruh kebudayaan Turki, dan kawasan pengaruh kebudayaan India Islam. Studi Islam seperti ini bahkan masih terlihat dalam tulisan-tulisan kontemporer yang mengkaji masalah-masalah keislaman. Akan tetapi, sekarang kawasan itu menjadi luas dengan ditambahkannya Asia Tenggara sebagai suatu kawasan baru dalam studi keislaman. Meskipun demikian, rasanya masih ada satu kawasan lagi yang belum disorot dalam kajian keislaman itu, yaitu kawasan Afrika Hitam (Afika Selatan dan Afrika Tengah).

18.
Judul Buku : Geografi Kota Dan Desa
Pengarang   : N. Daljoeni
Resensi       :
Buku ini membahas permukiman manusia ang berupa kota dan desa secara geografis, dalam arti bagaimana manusia di berbagai tempat di dunia ini dan berbagai zaman mengorganisasikan ruang huniannya, sesuai dengan tantangan dan tawaran alam fisis-biotis dan taraf peradaban yang dimilikinya. Itu semuanya demi kesejahteraan hidupnya.
Juga disoroti berbagai usahanya yang terus-menerus dalam mengubah tatakerja dan tatahidupnya baik di kawasan urban maupun rural. Apalagi setelah pertumbuhan penduduk di semua bagian bumi ini pesat jalannya dan sedikit banyak mengancam kelestarian hidup.
Bahasan kota dan desa dalam buku ini diusahakan seimbang; meskipun bab-bab yang disajikan cenderung mengutamakan salah satu sebagai yang dominan, tetapi pertalian antara masalah kota dan desa selalu dilihat sebagai saling berkaitan.

19.
Judul Buku : Sosiologi untuk Masyarakat Indonesia
Pengarang   : Hassan Shadily
Resensi       :
Buku ini merupakan buku pertama sosiologi yang disusun oleh orang Indonesia yang mencoba mempelajari masyarakat Indonesia. Di dalamnya berisi dasar-dasar pelajaran sosiologi yang dipakai sebagai tolak ukur penilaian masyarakat Indonesia dan pertumbuhannya.
Contoh-contoh di dalam buku ini adalah contoh-contoh yang biasa diuraikan di depan kelas, dan pertanyaan mengenai contoh-contoh itu biasanya dijawab seketika sehingga tidak meragukan para pendengar dan pelajara. Sifatnya amat nyata atau realistic dan umumnya diterima bilamana didasarkan kepada unsure-unsur masyarakat yang diajarkan.

20.
Judul Buku : Pokok-pokok Antropologi Budaya
Pengarang   : T.O. Ihromi
Resensi       :
Antropologi budaya, sebuah cabang dari ilmu-ilmu sosial, mencoba memberi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan manusia sebagai makhluk sosial. Jawaban yang diberikan menerangkan seluk-beluk intersubyektivitas, sebagai dasar kebudayaan manusia.
Bahasan dalam buku ini terbatas pada tiga masalah pokok antropologi. Pertama, orientasi umum mengenai antropologi budaya, yang tercermin dalam teori-teori yang hidup dalam dunia antropologi, metoda-metoda yang khas, serta masalah-masalah yang menyangkut penerapannya. Kedua, gejala-gejala pokok yang diamati dalam antropologi budaya seperti organisasi atau struktur masyarakat dan penelitian lintas budaya yang memanfaatkanpsikologi dalam penelitian kepribadian manusia.akhirnya terdapat empat karangan, berupa studi kasus tentang Indonesia.

21.
Judul Buku : Pengantar Hukum Indonesia
Pengarang   : R. Abdoel Djamali
Resensi       :
Buku Pengantar Hukum Indonesia ini dibuat untuk dipelajari oleh siapapun juga yang berminat memahami hukum yang berlaku di Indonesia. Sengaja penguraiannya dimulai dari sejarah berlakunya hukum sejak zaman penjajahan Belanda, karena sampai sekarang hukum positif di Indonesia proses pembuatan dan berlakunya masih menganut Sistem Hukum Eropa Kontinental. Sistem hukum itu dibawa oleh penjajah Belanda dan tetap digunakan di Indonesia. Walaupun sudah ada perubahan memberlakukan hukum baru melalui kebiasaan, tetapi belum tampak secara menyeluruh.

22.
Judul Buku : Lembaga-lembaga Keuangan dan Bank
Pengarang   : Faried Wijaya
Resensi       :
Tiada jalan lain untuk memajukan pengajaran dan pengembangan sesuatu ilmu, kecuali dengan penelitian dan penulisan di bidangnya secara seksama dan tekun. Penulisan ini yang mencoba mentrasir awal mula serta perkembangan lembaga-lembaga keuangan dan perbankan, terutama menghubungkan dengan perkembangan yang dihadapi sehari-hari – kiranya merupakan upaya pemenuhan syarat bagi pengajaran yang baik, lebih-lebih pada bidang ilmu sosial yang secara sepintas kita rasakan.

23.
Judul Buku : Pelajaran Akuntansi
Pengarang   : H.Z.A. Moechtar
Resensi       :
Buku Pelajaran Akuntansi ini disusun untuk SMA Program A3 berdasarkan kurikulum 1984 dengan mengikuti Garis-garis Program Pengajaran Akuntansi terbaru, yang berlaku untuk kelas 3 tahun 1988/1989.
Sedikit penyimpangan dari program pengajaran resmi dalam urutan pembahasan beberapa teori terpakasa diadakan di dalam buku ini untuh mencegah kemungkinan timbulnya penafsiran yang bersimpang-siur di pihak para pengajar yang telah mengenal urutan pembahasan teori yang sudah umum.

24.
Judul Buku : Teori Ekonomi
Pengarang   : Alfred W. Stonier
Resensi       :
Ilmu Ekonomi bisa dibagi menjadi tiga bagian. Ketiga bagian itu ialah ilmu ekonomi deskriptif, teori ekonomi, dan ilmu ekonomi terapan. Dalam ilmu ekonomi deskriptif, kita mengumpulkan semua fakta yang relevan mengenai topik-topik tertentu, umpamanya system pertanian di Tanzania, atau system industry tekstil di Inggris. Dalam teori ekonomi atau analisa ekonomi diberikan penjelasan yang disederhanakan mengenai cara-cara kerja system perekonomian dan pendapat-pendapat  yang penting mengenai system tersebut.  Ilmu ekonomi terapan,  berusaha menggunakan analisa ini untuk menjelaskan sebab-sebab dan pentingnya masalah-masalah yang dikemukakan oleh oleh ahli ekonomi deskriptif, atau ilmu ekonomi terapan ini mencoba mengkaji teori ekonomi, mencari apakah teori-teori tertentu didukung oleh statistik dan pembuktian-pembuktian lain dalam dunia nyata yang sebenarnya.
Buku ini adalah buku tentang teori ekonomi dan memberikan garis besar mengenai cara system perekonomian beroperasi. Tanpa teori-teori semacam ini untuk pengujian penerapan yang diperlukan oleh para ahli ekonomi tidak mungkin bisa dilakukan.

25.
Judul Buku : Anak Indonesia dan Pak Harto
Pengarang   : G. Dwipayana
Resensi       :
Dalam lima tahun terakhir ini (1984-1989) lebih 43 pucuk surat anak-anak Indonesia diterima oleh Presiden Soeharto. Isinya, tulisannya, gayanya, sangat menarik. Adalah sayang jika surat-surat tersebut  tidak dibaca oleh anak-anak/orang-orang yang lain tetapi mustahil pula jika kesemuanya diterbitkan. Oleh karena itu, meskipun sulit dilakukan pemilihan di antaranya. Pedoman pemilihannya adalah isinya mewakili hal-hal yang unik, ada human interest, ada pendapat/saran, ada kritik, penyampaiannya yang jujur, dll.

26.
Judul Buku : Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia
Pengarang   : Hasan Alwi
Resensi       :
Tata bahasa tidaklah bermaksud membatasi keluwesan orang berbahasa dalam percakapan sehari-hari. Akan tetapi, penggunaan bahasa ujaran yang sembarangan akan merupakan keleluasaan bagi setiap penggunanya untuk cenderung menyimpan dari kaidah tata bahasa yang benar.
Buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia edisi ketiga, yang disusun oleh Pusat Bahasa , Departemen Pendidikan Nasional yang kami terbitkan ini tidak saja merupakan upaya untuk menanggulangi penyimpangan-penyimpangan yang mungkin terjadi seperti yang telah disebutkan di atas, melainkan di dalamnya juga memuat pokok-pokok tata bahasa baku bahasa Indonesia yang digunakan oleh anggota masyarakat dalam situasi yang resmi dalam pergaulan yang adab.
Buku semacam ini diharapkan dapat membantu pelajar, mahasiswa, dan masyarakat luas yang tengah berupaya untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan terpelihara.

27.
Judul Buku : Masa Depan Bumi
Pengarang   : Lester R. Brown
Resensi       :
Bagaimana kita menciptakan masa depan bumi? Mengingat kemakmuran kita tergantung pada pembangunan ekonomi global yang berkelanjutan menurut lingkungan hidup, maka putusan-putusan kebijakan yang kita hasilkan selama dekade ini kelak menentukan  apakah anak cucu kita akan hidup di dalam hidup di dalam sebuah dunia yang makmur atau mengalami kemerosotan. Buku ini mencoba memaparkan upaya-upaya manusia di bumi untuk menanggulangi ancaman lingkungan hidup yang semakin tajam. Juga menguji secara gamblang pilihan-pilihan kita, baik itu melalui solusi transportasi di perkotaan, pemanfaatan energi tenaga surya, hingga ke upaya memelihara kultur dan keanekaragaman hayati, demi melestarikan sumber daya alam maupun sistem-sistem yang tergantung padanya.

28.
Judul Buku : Majelis
Pengarang   : John Grisham
Resensi       :
Trumble adalah penjara federal bepenjagaan minimum, sebuah “kamp” tempat tinggal berbagai penjahat yang relatif tidak berbahaya-para pengedar obat bius, perampok bank, penipu, penyelundup, penggelap pajak, dua bajingan Wall Street, satu dokter, setidaknya lima pengacara.
Dan tiga mantan hakim yang menamakan diri Majelis: satu dari Texas, satu dari California, dan satu dari Mississippi. Setiap hari mereka bertemu di perpustakaan hukum, markas mereka di Trumble, tempat mereka menulis argumen-argumen hukum, menangani kasus-kasus untuk para penghuni lainnya, mempraktekan hukum tanpa izin, dan kadang-kadang menegakkan keadilan di penjara. Dan mereka menulis surat berjam-jam. Mereka merancang penipuan lewat surat, dan sangat berhasil. Uang mengalir masuk.

29.
Judul Buku : Sang Pembawa Mukjizat
Pengarang   : John Grisham
Resensi       :
Rudy Baylor, mahasiswa semester terakhir fakultas hukum, diminta memberikan nasihat hukum bagi sekelompok orang lanjut usia. Di situlah ia bertemu “klien” pertamanya-Dot dan Buddy Black. Putra mereka, Donny Ray, menderita leukemia, dan perusahaan asuransi menolak membayar biaya pengobatannya. Mulanya Rudy tidak begitu berminat dengan kasus ini, tapi kemudian ia menyadari ini merupakan masalah penipuan licik oleh sebuah perusahaan raksasa terhadap orang-orang lemah yang buta hukum. Ia pun tergerak untuk membantu. Tapi masalahnya ia belum lulus, tak punya uang dan pekerjaan, dan mesti menghadapi salah satu pengacara top serta perusahaan terkemuka di Amerika.

30.
Judul Buku : Cinta yang Utuh
Pengarang   : Yudhi Dzulfadli Baihaqi
Resensi       :
“Saya berusaha meyakinkan orang tua bahwa saya dapat merawat anak-anak. Saya tidak berkata kepada mereka bahwa saya punya cukup materi, tetapisaya ingin anak-anak tumbuh bersama saya, memahami kehidupan saya, dan menyaksikan sendiri perjuangan saya sebagai orang tua mereka dan sebagai seorang perempuan penyandang cacat.”
Itulah sepenggal kisa para penyandan cacat yang tetap optimis dalam menghadapi hantaman hidup yang sudah tidak bersahabat lagi. Bagaimana dengan kita, apakah kita masih optimis dengan kondisi fisik yang masih lengkap dan kuat? Atau …, kita kalah dengan mereka?.

31.
Judul Buku : Pendidikan dan Riset di Internet
Pengarang   : Khoe Yao Tung
Resensi       :
Di tengah kemajuan teknologi telekomunikasi dan informasi, ada kelangkaan lieteratur tentang keterkaitan pendidikan dan internet. Topik-topik dalam buku ini menawarkan bahasan mengenai virtual education, baik mengenai proses, strategi, infrastruktur maupun fasilitas pendidikan melalui internet.
Buku ini lahir karena kebutuhan dan tekanan dari pertumbuhan dan pengguna internet dalam dunia pendidikan. Bahasannya ditujukan untuk akademisi, peneliti, dosen, guru, intelektuan, instruktur, mahasiswa, siswa sekolah dan administrator institusi pendidikan dan pelatihan.

32.
Judul Buku : Kimia untuk SMU kelas II
Pengarang   : Yayan Sunarya
Resensi       :
Buku ini telah di persiapkan dengan cermat. Materi disampaikan degan bahasan yang mudah dipahami, efektif, dan menonjolkan aspek keseharian sehingga memudahkan Anda dalammmempelajari kimia. Tata letak disiapkan dengan prhitungan yang matang. Gambar-gambar ditampilkan semenarik mungkin sehingga tidak membosankan dan dapat membantu Anda dalam memahami materi. Anda dapat menemukan bagian-bagian khas dalam b uku ini, seperti tugas dan kegiatan interaktif yang dapat menambah semangat bagi Anda dalam mempeljari buku kimia.

33.
JudulBuku : Prinsip-prisip Biologi Tumbuhan untuk Daerah Tropis
Pengarang   : A.R. Loveless
Resensi       :
Inilah buku teks pertama yang menyajikan liputan yang luas mengenai biologi tumbuhan dengan contoh-contoh eksklusif dari daerah tropis. Penulis buku ini telah berusaha sedapat mungkin mengilustrasikan prinsip-prinsip yang terkandung dalam tiap topic dengan contoh-contoh dan tipe-tipe tumbuhan yang tersebar luas dan mudah didapat, yaitu tumbuhan yang biasa terdapat di pekarangan dan spesies budi daya lainnya.

34.
Judul Buku : Menyelamatkan Planet Bumi
Pengarang   : Lester R. Brown
Resensi       :
Buku ini membahas pertanyaan yang paling mendesak yang diperdebatkan oleh dunia dewasa ini: bagaimana kita kita dapat menciptakan dunia ekonom yang bergairah yang tidak merusak ekosistem di dalamnya? Sistem alamiah dimanaumat manusia bergantung sedang runtuh: hutan-hutan di dunia, berdasarkan catatan, menjadi semakin menyusut jumlahnya, padang pasirnya menjadi lebih luas, tanahnya tererosi. Pelindung lapisan ozon menipis dua kali lebih cepat dari tahun lalu. Suhu bumi menjadi naik dan menimbulkan bahaya yang tidak terduga bagi seluruhu mat di planet.

35.
Judul Buku : Kimia untuk SMA Kelas XII
Pengarang   : Michael Purba
Resensi       :
Buku ini disusun untuk menunjang pelaksanaan Kurikulum 2004 Berbasis Kompetensi. Sebagaimana kita ketahui “Perbedaan utama antara kurikulum lama dengan Kurikulum Berbasis Kompeten siter letak pada hak pengembangan, piñata materi, dan metode pembelajaran”. Dalam hal metode pembelajaran Kurikulum 2004 menurut suatu kompetensi yang harus dimiliki siswa sebagai hasil pembelajaran, yang meliputi aspek kognitif, skill, dan sikap atau nilai.

36.
Judul Buku : Cintai Lingkungan Galang Persatuan
Pengarang   : Hendry Akbar
Resensi       :
Buku ini adalah salah satu pemenang tingkat nasional pada sayembara penulis naskah buku bacaan tahun 1997/1998 yang diselenggarakan olehPusat Perbukuan Dipdikbud.
Penerbit merasa bangga dapat kepercayaan untuk menerbitkan hasil sayembara tersebut karena selain dapat turut berperan dalam menumbuhkan motivasi menulis, juga diharapkan dapat meningkatkan buku bacaan, baikdari segi jumlah maupun mutunya.

37.
Judul Buku : 36 Jam Belajar Komputer Microsoft Windows 3.1
Pengarang   : Budi Permana
Resensi       :
Microsoft Windows merupakan program pengembangan system operasi DOS yang bekerjadengan Graphical User Interface. Dengan program ini, anda dapat melakukan multitasking, dapat saling bertukar informasi dengan program aplikasi yang lain, bahkan dapat memanfaatkan memori di atas 640 KB secara optimal dan memanfaatkan fasilitas Multimedia.

38.
Judul Buku : Mengawetkan Buah Buahan
Pengarang   :Hartantok
Resensi       :
Buku ini disusun dengan tujuan untuk mengembangkan kreativitas dan aktifitas dalam menunjang pembangunan di pedesaan.
Untuk membina masyarakat di pedesaan dalam mewujudkan bangsa yang berjiwa membangun, maka buku ini kiranya sangat bermanfaat dan berguna bagi para pamong, pelajar, dan juga para pramuka dan pembina.

39.
Judul Buku :Gemar Bermain Bulutangkis
Pengarang   :Syahri Alhusin
Resensi       :
Di kancah perolahragaan dunia, nama Indonesia sangat lekat dengan bulu tangkis. Takheran, cabang olahraga yang satuini pun begitu popular di kalangan masyarakat kita. Buku ini menjawab kebutuhan itu. Dimulai dengan sejarah singkat kelahiran bulutangkis, dilanjutkan dengan pembahasan mengenai teknik-teknik dasar olahraga yang juga disebut dengan badminton.

40.
Judul Buku :Teknik Dasar Pembuatan Busana
Pengarang   :Radias Saleh
Resensi       :
Buku ini adalah salah satu buku pelajaran untuk siswa sekolah menengah teknologi kerumahtanggaan, dan sekolah menengah kesejahteraan keluarga, khususnya siswa kelas satu.
Buku ini dapat diwujudkan dalam bentuk yang sekarang setelah melalui berbagai tahap kegiatan dan berkat upaya serta partisipasi berbagai pihak.

41
Judul Buku :Pergolakan
Pengarang   :Wildan Yatim
Resensi       :
Pembaruan tindaklah selamanya mendapat tanggaoan positif dari kalangan kolot. Oleh karena itu, kaum pembaruan harus siap menghadapi berbagai rintangan dan konflik.
Temainilah yang disodorkan Wildan Yatim kepada kita dalam novel Pergolakan yang menangkan HadiahSayembaraMengarang Roman PanitiaTahunBukuInternasional DKI 1972 dan Hadiah Yayasan Buku Utama Departement Pendidikan dank ebudayaan RI  1975.

42
Judul Buku :Percobaan Setia
Pengarang   :Suman Hs
Resensi       :
Tuhan tidak akan membiarkan kebenaran hancur terlindas oleh fitnah dan kekejaman. Dia akan menurunkan rahmat dan pertolongan-Nya untuk memenangkan kebenaran itu.
Lebih kurang itulah inti cerita dari novel ini. Dengan gaya bahasa yang lincah Suman Hsmengemastema tersebut sehingga sangat menarik untuk dinikmati.

43
Judul Buku :Gema Tanah Air
Pengarang   : H.B Jassin
Resensi       :
Dalam buku ini, H.B Jassin, kritikussastra Indonesia yang terpandang, secara berturut-turut telah mengumpulkan prosa dan puisi, yang dipilih dari karya-karya para sastrawan Indonesia. Setiap pengarang merupakan wakil dari jamannya, dan dengan karyanya ia pun mencerminkan gejolak situasi yang ada disekitarnya.

44
Judul Buku :Pelukis S. Sudjojono
Pengarang   :Ajip Rosidi
Resensi       :
S. Sodjojono dilahirkan di kisaran, Tebing Tinggi, Sumatra Utara. Hal itu tidak diragukan. Tapi kapan? Tentang hal ini tak ada kepastian. Jangankan tanggal dan bulannya, tahunnya juga tidak. Tapi mestinyasekitar tahun 1913.

45
                                              
Judul Buku :Membangun Kembali Jati Diri Bangsa
Pengarang   :Soemarsono Soedarsono
Resensi       :
Materi ini sangat bagus dan memberikan pencerahan terhadap suatu yang hilang. Menyentuh kalbu yang paling dalam untuk merefleksikan apa yang telah dilakukan. Uraian Pak Soemarsono menggugah pembaca untuk lebih banyak berbuat yang bermanfaat terutama keteladanan.

46
Judul             : Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck
Pengarang     : Hamka
Resensi         :
            Buku Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck melukiskan suatu kisah cinta murni diantara sepasang remaja, yang dilandasi keikhlasan dan kesucian jiwa, yang patut dijadikan tamsil ibarat. Jalan ceritanya dilatar belakangi dengan peraturan-peraturan adat pustaka yang kokoh kuat, dalam suatu negeri yang bersuku dan berlembaga, berkaum-kerabat, dan berninik-mamak.

47
Judul              : Ladang Perminus
Pengarang      : Ramadhan K. H.
Resensi          :
            Novel ini mengisahkan nasib orang yang melawan arus. Sebagai staf terpercaya, Hidayat tidak dapat  menutup mata dari tindak korupsi dan manipulasi yang menggelegak di kantornya. Tetapi sebagai bekas pejuang 45, yang jujur dan idealis, ia bersikeras menuruti perintah hati nuraninya sendiri – sekalipun harus berjudi dengan karier, kesehatan, dan kans pencalonannya sebagai gubernur Jawa Barat. Dengan tema yang dinafasi oleh jalinan unsur politik dan gejolak perekonomian Indonesia  akibat harga minyak yang marak pada 70-an, dunia kisah dalam novel ini menjadi sangat kontekstual.

48
Judul               : Bantalku Ombak, Selimutku Angin
Pengarang       : Zawawi Imron
Resensi           :
            Pengarang melukiskan laut, kebun-kebun siwalan, dan desa. Karena itu, sajak-sajaknya dapat mengungkapkan arcadian myth (mitos tentang kesedarhanaan, pedesaan, nativitas). Adalah melegakan untuk melihat puisi-puisi arcadian. Seolah-olah di tengah-tengah gemuruhnya mesin, penciptaan manusia-mesin, dan pemujaan teknologi, kita diingatkan kembali tentang perlunya alam. Ada seruan back to nature dalam banyak hal: arsitektur, desain interior, turisme, obat-obatan, dan kosmetika. Puisi D. Zawawi Imron, dengan demikian, mempunyai fungsi sosialnya sendiri. (Dr. Kuntowijoyo, “Dari Tanah Siwalan dengan Intuisi”, Madura, Akulah Darahmu, 1999, hal.119).
            Bahwa dari sebagian besar sajak-sajaknya tampak sekali laut sangat mempesona dirinya. Dan dari sana energi puitika tumbuh dalam sajak-sajaknya….(Afrizal Malna, Dinamika Laut Sajak-sajak D. Zawawi Imron”, Berita Buana, 13 November 1984).
            Latar belakang sajaknya yang khas, ungkapannya hidup dan imagenya melambar memberi ruang gerak yang bebas. Ia menggali dunia lingkungan hidupnya yang sangat diakrabinya, misalnya kehidupan masyarakat desa, dunia pertanian, dunia pesantren dan sebagainya.

49
Judul              : Cerdas Berbahasa Indonesia
Pengarang      : Engkos Kosasih
Resensi          :
            Dalam buku ini ada banyak materi, latihan, dan kegiatan yang mendukung pembaca untuk dapat cerdas berbahasa Indonesia. Selain terdapat fitur latihan dan kegiatan, buku ini juga terdapat fitur-fitur menarik seperti apersepsi, lintas akademika, studi lapangan, studi pustaka, telusur makna, tes kognitif, dan uji kompetensi. Setiap jilid buku ini memiliki visi khusus dalam setiap jilidnya.
            Buku ini disusun berdasarkan kurikulum 2013 yang mengintegrasikan materi, pendidikan karakter, dan nilai-nilai kebajikan secara apik. Siswa akan dituntun secara alamiah melalui pendekatan menarik sehingga proses belajar mengalir secara menyenangkan.

50
Judul             : Gempa Bumi
Pengarang     : Beni S. Ambarjaya
Resensi         :
            Akhir-akhir ini Negara Indonesia bahkan dunia dilanda berbagai bencana alam yang datang silih berganti. Gempa bumi merupakan salah satu bencana yang telah lama menorehkan ketakutan sekaligus ketakjuban dalam benak manusia. Bencana gempa bumi banyak mengakibatkan kerugian bagi manusia. Tidak hanya harta benda, jiwa manusia pun dapat terenggut oleh bencana gempa bumi. Manusia tidak dapat mencegah datangnya gempa bumi, tetapi hanya dapat mengantisipasinya sehingga tidak menimbulkan kerusakan dan kerugian yang besar.
            Buku Gempa Bumi: Apa dan Bagaimana? Disajikan secara jelas, ringkas, dan sederhana. Buku ini menguraikan penyebab-penyebab, proses terjadinya, dampaknya, dan upaya-upaya untuk menanggulangi gempa bumi.

51
Judul              : Merangkai Prestasi dalam Tantangan
Pengarang      : E. Luturmas
Resensi          :
            Memulai suatu pekerjaan adalah suatu hal yang sangat berat dan seringkali menakutkan. Namun awal yang berat itu akan menjadi ringan jika kita sudah memulainya, dan akan menghasilkan kesuksesan jika kita bekerja dengan sungguh-sungguh.
            Itulah pengalaman yang diperoleh Farida saat bersiap-siap menghadapi lomba diskusi tata krama dan disiplin di tingkat nasional. Banyak kendala yang dihadapinya. Kesibukannya mengikuti program PSG (Pendidikan Sistim Ganda) di sekolah menyebabkan waktu untuk persiapan menjadi sempit. Namun berkat tekad dan semangatnya yang kuat, serta bimbingan gurunya yang tak kenal lelah, Farida dapat mengatasi masalahnya dan berhasil meraih kesuksesan yang ia cita-citakan.

52
Judul              : Salah Asuhan
Pengarang      : Abdoel Moeis
Resensi          :
            Salah Asuhan adalah salah satu novel sastra klasik yang didalamnya mengisahkan tentang pernikahan antara dua budaya. Yakni budaya barat dan budaya timur. Tentu berbagai pertentangan terjadi. Mulai dari perbedaan keyakinan sampai nilai-nilai tradisi menjadi persoalan yang serius. Kedua tokohnya pun mengalami kisah uang tragis di akhir ceritanya.
            Kelebihan dari buku ini yakni didalamnya terkandung nilai-nilai sosial yang dapat kita ambil. Adapun kelemahannya adalah terdapat bahasa-bahasa yang kurang dimengerti seperti bahasa barat, bahasa Padang, dan bahasa lainnya yang sulit dimengerti. Namun bagaimanapun juga, novel ini cocok dibaca oleh para remaja dan orang dewasa, karena isi dari novel ini banyak mengisahkan tentang percintaan.

53
Judul              : Berkenalan dengan Puisi
Pengarang      : Suminto A. Sayuti
Resensi          :
            Buku ini memperkenalkan berbagai hal yang terkait dengan puisi Indonesia modern. Buku ini berisi batasan puisi, dasar ekspresi, teknik ekspresi, bahasa ekspresi, bunyi dan aspek puitiknya, diksi, citraan, bahasa kias, sarana retorik, wujud visual, makna, dan beberapa catatan akhir.
            Sebagai karya tentang puisi, buku ini berbeda, karena tidak terdapat catatan-catatan sumber rujukan dalam tubuh pembicaraan. Buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana dan tidak terlalu baku, sehingga mudah dipelajari dan dipahami oleh siapa saja, cover bukunya pun sangat menarik, dan pemaparan tentang puisi modern dan aspek-aspeknya sangat lengkap.
            Sayangnya, pembahasannya terlalu panjang sehingga terkadang orang malas untuk membaca. Kebanyakan orang lebih tertarik pada puisi-puisi yang terdapat dalam buku ini, daripada cara atau teknik berpuisi dan aspek-aspek puisi yang dijabarkan.

54
Judul              : Perawan Remaja dalam Cengkeraman Militer
Pengarang      : Pramoedya Ananta Toer
Resensi          :
            Buku ini berisi catatan tentang perempuan remaja Indonesia yang dijadikan budak seks oleh para tentara Jepang pada Perang Dunia II. Catatan tersebut disusun berdasarkan keterangan teman-teman sepembuangan Pramoedya di Pulau Buru, serta hasil pelacakan mereka terhadap para budak seks yang ditinggalkan begitu saja di Pulau Buru setelah Jepang menyerah pada 1945.

55
Judul              : Alamku tak Seramah Dulu
Pengarang      : Aditya Dipta Anindita
Resensi          :
            Buku ini berisi perubahan-perubahan yang dialami oleh anak-anak yang tinggal di pelosok Indonesia, terutama berkaitan dengan menurunnya kualitas alam yang terjadi di habitat mereka yang sering disebabkan oleh intervensi kemajuan atau pembangunan daerah.
            Cerita-ceritanya dituturkan dengan baik, setting tempat kejadian dapat terbayang dan dialog yang terjadi juga menjadikannya lebih hidup. Andai saja diilustrasikan dengan lebih banyak dan lebih baik, pasti buku ini akan menjadi lebih menarik. Terutama bagi anak-anak di kota-kota besar yang makin menjauh dari alam bebas. Agar mereka dapat mengenal pengalaman teman-teman sebayanya, sesama anak-anak Indonesia.

56
Judul              : Ziarah
Pengarang      : Iwan Simatupang
Resensi          :
            Novel ini menceritakan seorang pelukis terkenal yang dibuat terkapar tidak berdaya dan trauma setelah ditinggal mati istrinya yang sangat dia cintai. Ia seolah tak percaya bahwa istrinya telah mati. Setiap hari ia meneriakkan nama istrinya, menangis dan kemudian tertawa keras-keras. Hingga akhirnya datang opseter pekuburan yang meminta untuk mengapur tembok perkuburan. Hal ini dilakukan opseter agar pelukis mau menziarahi istrinya yang sudah tiada. Waktu terus berlalu, hingga pelukis pergi ke balai kota untuk melamar menjadi opseter pekuburan agar ia dapat terus-menerus berziarah pada mayat-mayat manusia terutama pada mayat istrinya.
            Cerita dalam novel ini sangat menarik, sentuhan filsafat pengarang benar-benar tersaji dalam novel ini. Dalam setiap bagian novel terdapat kalimat-kalimat yang  merupakan ilmu filsafat. Gaya humor pengarang juga samar-samar, pembaca harus benar-benar mengerti maksud pengarang dulu sebelum dibuat tertawa membayangkan bahwa hal itu sangat lucu. Ada beberapa bagian dalam novel yang bisa dikatakan sebagai penunjuk bahwa pengarang memiliki daya humor cukup tinggi. Dalam menghadirkan sebuah masalah pengarang tidak sungkan untuk mendramatisir, tapi endingnya juga sangat mengagumkan.
            Novel ini sulit dimengerti oleh pembaca biasa, sehingga untuk memahami isinya, pembaca perlu menggunakan kesadaran filsafat tentang kehidupan, kematian, pemberontakan, dan kesadaran sosial. Selain itu novel “ziarah” banyak menggunakan majas personifikasi dan menimbulkan makna konotasi, yang jika dibaca membuat bingung para pembacanya, karena terkadang menimbulkan perspektif yang berbeda.

57
Judul              : Tepi Air
Pengarang      : C. C. Low
Resensi          :
            Novel Tepi Air merupakan epik yang tinggi nilainya  yang melukiskan pemberontakan para petani. Karena simpati terhadap orang-orang yang tertekan, maka penulisnya dengan semangat menggambarkan fakta sejarah adanya penyalahgunaan kekuasaan dan orang-orang yang bergerak untuk memberontak secara terang-terangan.
            Kisah Tepi Air ini juga berhasil menonjolkan sifat 108 pendekar sebagai tokoh cerita. Karakter dan moralitas para pendekar kisah ini sampai kematian mereka, mempunyai daya tarik sendiri.

58
Judul              : Pendidikan Agama Islam
Pengarang      : Syamsuri
Resensi          :
            Buku Pendidikan Agama Islam ini dikembangkan dengan konsep bahwa belajar agama Islam adalah bagian dari mempelajari Life Skill (kecakapan hidup) agar siswa dapat memecahkan persoalan hidup dan berperan sebagai agen pemberi solusi, terkait dengan masalah-masalah keislaman.
            Selain dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik, buku ini juga dirancang dengan mempertimbangkan aspek grafis dan tipografis yang cermat tanpa melupakan rasa keindahan yang santun dan layak ditampilkan dalam sebuah bukun yang bermutu.

59
Judul              : Hikmah-hikmah Kehidupan
Pengarang      : Kahlil Gibran
Resensi          :
            Buku yang ditulis oleh penulis yang buku-bukunya telah menjadi best-seller internasional selama lebih dari lima puluh tahun ini merupakan kumpulan ungkapan kearifan  Kahlil Gibran yang paling representatif mengenai berbagai segi kehidupan manusia. Hampir semua persoalan yang menyangkut keberadaan manusia seperti: jiwa, tubuh, musik, keindahan, keberanian, cinta, kematian, filsafat, kebahagiaan, bahkan surga dan neraka, diungkapkan dalam bahasa indah dan penuh kedalaman spiritual dan sarat dengan pesan-pesan moral kemanusiaan.
            Hikmah-hikmah Kehidupan adalah sumbangan Gibran bagi kemanusiaan yang tengah berusaha memberdayakan kembali kearifan dan sifat kemanusiaannya melalui hikmah-hikmah yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

60
Judul              : Geografi
Pengarang      : K. Wardiyatmoko
Resensi          :
             Buku ini disusun berdasarkan kurikulum 2013 yang mengintegrasikan materi, pendidikan karakter, dan nilai-nilai kebajikan secara apik. Siswa akan dituntun secara alamiah melalui pendekatan menarik sehingga proses belajar mengalir secara menyenangkan. Untuk mencapai tujuan itu, di dalam buku ini dilengkapi fitur-fitur seperti unjuk pemahaman, unjuk kerja, jendela ilmu pengetahuan, pengembangan karakter, rangkuman, dan tes formatif.
61

Judul buku : Keterampilan Biologi
Pengarang  : Hadi Kastono
Resensi:
Ketrampilan dalam bidang biologi dan pertanian sangat penting diketahui oleh siapa saja yang berminat, terutama mahasiswa biologi dan pertanian agar terjun di masyarakat telah siap dengan bekal yang diajarkan oleh para pembimbing mereka disekolah-sekolah.
        Segi ketrampilan ini juga dapat dipelajari sendiri sebagai usaha wiraswasta di rumah, dengan membaca buku ini serta melakukannya atau praktik sendiri.

62
Judul buku: Tamu
Pengarang : Hadi Wiran
Resensi:
Novel ini memotivasi  kita untuk mampu bersabar dalam menghadapi masalah, mengajarkan kepada kita untuk mengutamakan kepentingan bersama dari pada kepentingan pribadi, Novel ini mengajak kita untuk terbiasa melakukan musyawarah sebelum bertindak, namun tidak adanya gambar ilustrasi pada novel membuat para pembaca harus berimajinasi sendiri, alur pembahasan yang maju mundur membuat pembaca agak kebingungan untuk memahami ceritanya, semua anggota kaum yang mempunyai masalah,termasuk masalah aib sendiri,datang ke Ongga untuk meminta bantuan,padahal Ongga bukan kepala suku.Sikap yang demikian menggambarkan bahwa anggota kaum tidak mandiri.

63

Judulbuku : Upacara
Pengarang : Korrie Layun Rampan
Resensi:
        Novel Upacara ini sangat menarik. Karena berbada jauh dengan novel – novel jaman sekarang yang lebih banyak menyangkut kehidupan remaja kota. Novel ini menceritakan kehidupan di sebuah kehidupan di perkampungan suku Dayak yang berada di pedalaman Kalimantan yang di lukiskan dalam pengalaman batin oleh tokoh utama “aku” yang mengikuti berbagai upacara.

64
Judul buku: Project
Pengarang: Yoana Dianika
Resensi:
Novel ini meceritakan tentang dunia 404 dimana seorang tokoh Shery dan Nerry berpetualang di dalamnya yang dimana di dalam itu layaknya dunia game, semuanya serba aneh. Mereka bertemu dengan makhlu-makhluk transparan, mobil robot yang ukurannya satu setengah kali ukuran truk penganggkut barang, motor yang bisa jatuh dari langit, serta nusuh yang ingin menghancurkan dunia 404, dan Nerry yang mati-matian mempertahankan dunia 404nya.

65
JudulBuku: Hadiah Dari Rantau
Pengarang : Ismet Fanany
Resensi:
        Secara keseluruhan tema yang diangkat dalam buku ini adalah  kebiasaan suku Minangkabau yaitu merantau. Cerpen ini bercerita mengenai kebiasaan merantau orang asli suku Minangkabau, yang disini adalah pria bernama Samsir yang telah pulang merantau dari Amerika Serikat menempuh pendidikan Doktor. Ketika diketahui masyarakat kampung, akhirnya banyak keluarga yang memiliki anak gadis, menyodorkan anak gadisnya itu untuk dijadikan istri. Dalam adat Minang, keluarga perempuanlah yang melamar, tetap Samsir tidak berpikir sejalan sehingga sebelum ia dilamar maka dia akan lebih dulu melamar secara pribadi gadis yang ia nikahi.

66
Judul Buku : Pengantar Ekonomi Perusahaan
Pengarang   : Edilius
Resensi:
Dewasa ini kehidupan perekonomian menjadi perhatian utama hampir seluruh umat manusia, di samping ilmu dan teknologi. Kehidupan perekonomian di Indonesia sebagai bersandar kepada unit-unit usaha, akan tetapi yang paling utama adalah koperasi.
        Berdasarkan pemikiran tesebut diatas penulis berusaha keras menyusun buku Pengantar Ekonomi Perusahaan  yang lebih banyak berorientasi kepada kehidupan perekonomian Indonesia.

67
Judul Buku : Refleksi Atas Revolusi di Eropa
Pengarang  : Ralf Dahrendorf
Resensi:
         Sikap Edmund Burke terhadap revolusi yaitu ketidakpercayaan terhadap sistem. Realitas begitu kompleks dan ddalam kompleksitasnya itu terus berproses yang melupakan hal ini berdiri diatas metafisika gila; suatu kegilaan yang tak jarang membawa petaka untuk beberapa dekade bagi umat manusia; dan suatu kegilaan yang lalu jadi bahan olok-olok hanya setelah semuanya lewat, dan meninggalkan jejak darah dan air mata.
        Dalam gaya surat penuh nuansa Ralf Dahrendorf merefleksikan refolusi baru yang lalu. Ia merenungkan runtuhnya komunisme, rintangan kebebasan dan harapan maupun keprihatinan atas Jerman bersatu.

68
Judul Buku : Biokimia
Pengarang : Aisjah Girindra
Resensi:
        Biokimia sekarang merupakan contoh terkemuka pendekatan multi disiplin; penerapan teori dan teknik yang diturunkan dari biologi, kimia dan fisika terhadap kajian sistem-sistem kehidupan.
        Biokimia sangat menunjang terhadap kedokteran, diperlukan mulai dari penentuan diagnosis penyakit sampai pengobatannya. Bioteknologi yang sekarang telah di galakkan di tanah air, mau tak mau harus dilandasi dengan pengetahuan biokimia yang kuat.

69
Judul Buku : Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek
Pengarang  : Muhajir
Resensi:
Buku ini dirancang untuk memberikan pengajaran bidang olahraga serta komprehensif sehingga siswa dapat mengetahui dengan baik teori dan praktik berolahraga. Teori olahraga diberikan untuk menunjang tingkat pengetahuan siswa di bidang olahraga. Sementara, pengajaran prakteknya di jabarkan dalam bentuk-bentuk latian yang terstruktur. Dengan demikian siswa dapat dengan mudah menguasai teori serta praktek berolahraga.

70
Judul Buku : Mikrobiologi Industri
Pengarang : Nur Hidayat
Resensi:
        Mikrobiologi Industri terus menerus berkembang. Orang terus-menerus berusaha menciptakan cara baru fermentasi agar didapatkan proses yang efesien dengan hasil yang optimal. Kebutuhan akan gasohol, sebagai baahan bakar alternatif urut memicu perkembangannya. Di perguruan tinggi, pengajaran mikrobiologi industri bersifaat dinamis.

71
Judul Buku : Muslim Dialog dan Teror
Pengarang  : Chandra Muzaffar
Resensi:
Tema buku ini yaitu tentang tantangan kembar yang dihadapi umat islam di dunia pasca 11 september. Sejumlah esai disini membahas tumpukan masalah di kalangan umat islam  yang bersumber dari kesalahan dan kekeliruanpandangan masyarakat islam sendiri. Adapula esai yang berfokus pada politik hegemoni global yang berasal dariambisi emperealisme Washington dan dampaknya terhadap umat islam diseluruh dunia.

72
Judul buku: Dengan Puisi
Pengarang : Suminto. A. Sayuti
Resensi:
        Buku ini memperkenalkan berbagai hal yang terkait dengan puisi Indonesia modern. Buku ini berisi batasan puisi, dasar ekspresi, teknik ekspresi, bahasa ekspresi, bunyi dan aspek puitiknya, diksi, citraan, bahasa kias, sarana retorik, wujud visual, makna, dan beberapa catatan akhir.
        Bahasanya yang “sederhana”, dan tidak terlalu baku, sehingga mudah dipelajari dan dipahami oleh siapa saja yang berminat memiliki “kemampuan menikmati” puisi dan cover bukunya pun sangat menarik.
        Pembahasan dan pemaparan tentang puisi modern dan aspek−aspeknya sangat lengkap. Sayangnya pembahasan dan pemaparannya terlalu panjang sehingga terkadang orang malas untuk membaca. Kebanyakan orang lebih tertarik pada puisi-puisi yang terdapat dalam buku ini ketimbang cara atau teknik berpuisi dan aspek−aspek puisi yang dijabarkan.

73
Judul Buku : Cabang Olahraga Populer Aktivitas Ketangkasan dan Bela diri
Pengarang  : Bebbi Oktara
Resensi:
Olahraga diperlukan supaya tubuh tetap sehat. Banyak cabang olahraga yang kita kenal seperti atletik, senam, olahraga, permainan, olahraga air, bela diri, dan lain-lain. Dalam buku ini dibahas secara mendetail mengenai cabang olahraga senam dan bela diri, mulai dari sejarah dan perkembangannya, peralatan yang diperlukan, teknik-teknik dasar, hingga strategi dan teknik yang dapat dipraktikan.

74
Judul Buku : Di Atas Siang Di Bawah Malam
Pengarang   : Putu Oka Sukanta
Resensi:
Kisah buku ini terlahir untuk menyuarakan ketidak adilan melalui berbagai cerita yang tumbuh semenjak penjara yang dijalani Putu Oka selama sepuluh tahun tanpa proses pengadilan atas kesalahan apa yang dilakukannya. Yang dimana ketidak adilan dan kesemena-menaan ternyata telah terjadi dimana-mana, seperti pekerja seks dibawah usia di Batam, ketika negara tidak bisa melindungi warganya dengan memberi pendidikan dan pekerjaan yang layak maka menjadi pekerja seks bukan lagi problem melainkan menjadi solusi atas kekerasan yang terjadi. Kembali dalam buku ini Putu Oka menyatakan bahwa dalam konteks seperti itu maka martabat manusia harus ditempatkan diatas segala-galanya termasuk norma agama.

75
Judul Buku : Teknologi Budaya Pangan di Daerah Tropik
Pengarang   : Kartasapoetra
Resensi:
Buku ini ditujukan sebagai salah satuteks bagi Mahasiswayang mempelajari budang studi Teknologi Budidaya Tanaman Pangan. Buku ini tentang beberapa pedoman dan cara-cara menanam tanaman yang bisa hidup di daerah tropik seperti: coklat, kapas, kelapa sawit, padi, kedelai, tebu, tembakau, dan lain-lain. Dengan berpedoman pada buku ini diharapkan para Mahasiswa akan lebih mudah menerapkannya di lapangan.

76
Judul buku : Anggukan Ritmis Kaki Pak Kiai
Pengarang : Emha Ainun Najib
Resensi :
Refleksi pemikira keagamaan dari kacamata budayawan muslim, merupakan kekuatan unik yang sangat menarik, di tengah-tengah kebudayaan modern yang retak. Dengan demikian, umat islam mau tak mau harus melakukan “pertobatan” budaya, dengan cara kembali ke akarnya yang fundamental.
Islam, di mata setiap umatnya adalah proses. Suatu asas paradigma yang menempatkan posisi dasarnya dalam setiap “harakah” kebudayaan. Posisi inilah yang mengharuskan tampilnya budayawan Muslim melakukan “perang budaya” terhadap tradisi kemandekan diri dan kemapanan kaum intelektual.

77
Judul buku : Impian Amerika
Pengarang : Kuntowijoyo
Resensi :
Buku ini mengisahkan tiga puluh orang Indonesia yang dating ke New York City dengan cita-cita dan latar belakang yang berbeda. Ada Soleman dari Madura, Sukiman dari Aceh. Tema novel ini adalah pekerjaan, keluarga, dan gegar budaya. Novel ini mirip dengan “cerita berbingkai”, tetapi “bingkai”nya sengaja dihilangkan.  Pernah dimuat sebagai cerita bersambung di harian Republika, dimaksudkan sebagai inovasi, apakah “sastra koran” dapat menjadi sebuah novel.

78
Judul buku : Silent Night 2
Pengarang : R.L. Stine
Resensi :
Reva Dalby berjanji akan bersikap lebih baik setelah kengerian yang dialaminya tahun lalu. Tapi gadis cantik yang manja itu berfikir dia dapat memperoleh semuan yang diinginkannya. Barang maupun cowok yang disukainya tanpa harus membayar.
Tapi sekarang, waktunya membayar. Ada yang ingin menculiknya. Tahun ini sinterklas membawakan kado natal yang menakutkan. Yaitu kado pembunuhan. Dan itu semuanya itu untuk Reva Dalby.

79
Judul buku : Edensor
Pengarang : Andrea Hirata
Resensi :

Aku ingin mendaki puncak tantangan, menerjang batu granit kesulitan, menggoda mara bahaya, dan memecahkan misteri dengan sains. Aku ingin menghirup berupa-rupa pengalaman lalu terjun bebas menyelami labirin lika-liku hidup yang ujungnya tak dapat disangka. Aku ingin ke tempat-tempat yang jauh, menjumpai beragam bahasa dan orang-orang asing. Aku igin berkelana, menemukan arahku dengan membaca bintang-gemintang. Aku ingin kehidupan yang menggetarkan, penuh dengan keinginan. Ingin hidup! Ingin merasakan saripati hidup!

80
Judul buku : Hikayat Buah Gedumbo
Pengarang : Samson Rambah Pasir
Resensi :
Seorang anak rajan karea besarnya rasa setia kawan terhadap sahabatnya yang menghilang entah kemana, berusaha mencari ke berbagai penjuru dengan menyamar sebagai seorang pengembara, tanpa pernah menyebutkan asal-usul maupun namanya.
Dalam pengembaraannya, selain menjumpai aneka kejadian, baik yang aneh, lucu menggelikan, dan terkadang aneh, dia juga memperoleh berbagai pengalaman yang mengandung nilai-nilai ajaran budi pekerti, pengenalan alam sekitar dan juga hal yang berbau spiritual. Dan sebagaimana umumnya cerita hikayat, tentu akan dijumpai juga hal-hal yang kurang masuk akal.

81
Judul buku : Getaran-Getaran
Pengarang : Haryati Soebadio
Resensi :
Getaran-getaran merupakan cerita yanag mengupas masalah mistis dan paranormal. Dalam cerita ini, Rani–wanita muda yang baru ditinggal suaminya secara mendadak–dihadapkan pada gunjingan orang tentang rumahnya yang dijual kepada keluarga Kus.
Beberapa orang menganggaprumah tersebut dihuni mahluk halus yang mengganggu, yang konon menurut seorang “pintar” adalah arwah istri pertama suaminya yang diduga meninggal karena bnuh diri. Bahkan karena arwah itulah suaminya meninggal.
Cerita berkembang menjadi unik dan penuh tanda Tanya sehinnga sulit melepaskannya sebelum selesai.

82
Judul buku : Jalan Menikung
Pengarang : Umar Kayam
Resensi :

Sukses dalam studi dan ingin kembali ke tanah air, ternyata Eko tersandung oleh masa lalu ayahnya. Harimurti dipecat dari pekerjaannya karena dianggap tidak “bersih diri” alias terlibat G30S/PKI. Atas anjuran sang ayah ia tetap tinggal di Sunnybrook dan kemudian bekerja pada sebuahperusahaan penerbitan di New York. Sementara itu, Eko terpikat pada Claire Levin, putri induk semangnya yang Yahudi-Amerika.
Perkawinan Eko dengan seorang Yahudi memicu perdebatan hangat diantara orang tuanya dan juga diantara suami-istri Lantip, kakak angkat Harimurti. Akankah Eko tercerabut dari akarnya, yaitu kehilangan keindonesiaan, kejawan, kepriyayian, dan keislaman? Kunjungannya ke Indonesia membuat Eko sadar bahw dia telah menempuh jalan menikung dari kerabat besarnya.

83
Judul buku : Hikayat Maharaja Garebag Jagat
Pengarang : Nikmah Sunardjo
Resensi :

Semar mempunyai tiga orang anak, ialah Garubug, Nala Gareng, dan Petruk alias Anggaliak. Si Garubug itulah yang dalam cerita ini menjadi seorang maharaja, bergelar Maharaja Garebag Jagat, yang bermaksud menguasai Suralaya dan mengalahkan dewa yang tertinggi. Akan tetapi karena Semar tidak memihak kepadanya, maka akhirnya tumbanglah kekuasaan dan kekuatan Maharaja Grebag Jagat alias Garubug alias Bagong.
Di sini tercermi bahwa panakawan sesungguhnya bukan sekedar abdi atau pesuruh. Mereka juga memiliki kelebihan dari pari ksatria. Mereka bukan sekadar pengiring, melainkan juga penghibur, dan seklaigus pelindung di kala majikannya sudah tidak mampu menghadapi suatu persoalan yang berat.

84
Judul buku : Sabai Nan Aluih
Pengarang : Tulis Sutan Sati
Resensi :

Masyarakat Minangkabau kaya akan hasil sastra yang menarik, dan cerita Sabai Nan Aluih membutuhkan akan mutu yang terkandung dalam sastra daerah itu. Bahsanya sangat indah dan penuh irama dengan nada yang memilukan. Isinya mengenai adat lamayang menentukan wanita harus menerima jodoh pilihan orang tuanya.
Buku ini merupakan cetak ulang yang ke-6. Hal itu menandakan bahwa buah sastra lama itu banyak penggemarnya. Penerbitan buku sastra lama ini merupakan upaya untuk melestarikan budaya daerah yang tetap tinggi nilainya.

85
Judul buku : Habis Gelap Terbitlah Terang
Pengarang : Armijn Pane
Resensi :

Buku karya Armijn Pane yang berjudul Habis Gelap Terbitlah terang ini berisi tentang surat-surat Kartini yang dikirimkan kepada sahabat-sahabatnya yang tinggal di Belanda. Walaupun isinya hanya sebuah surat, namun di dalam surat ini terdapat perjalanan perjuangan Kartini untuk membela wanita Bumiputera yang pada saat itu dibeda-bedakan dengan laki-laki. Dan di salah satu suratnya ada yang berisi curahan hati Kartini, ada yang sedih, senang, dan lain sebagainya.

86

Biarkan Aku Jadi Milik-Mu
Gola Gong
 Novel ini mengisahkan kemelut yang dihadapi Hakim,dia menyimpan rahasia ketika dia di Kairo yaitu dia telah memiliki istri, Namlok warganegara Thailand, dan seorang anak perempuan, Aisyah.Rahasia itu semakin terpendam ketika ayahnya meninggal dan meninggalkan wasiat dia harus menikahi Anah, seorang dokter . Akhirnya Hakimpun dengan terpaksa menikahi Anah, tapi sejak hari pertama setelah ijab qabul Hakim belum pernah menjamah Anah. Sampai akhirnya Hakim mengajak Anah menemui Namlok istrinya dan Aisyah anaknya.
Novel ini menunjukkan kepada kita bahwa sebuah rahasia suatu saat pasti akan terungkap, dan setiap kebohongan akan diikuti dengan kebohongan-kebohongan selanjutnya.

87

Judul buku : Teori Sastra Sebuah Pengantar Komprehensif
Pengarang : Terry Eagleton
Resensi :

Buku ini menyediakan pandangan yang cukup komprehensif mengenai teori sastra modern, baik bagi pembaca yang sebelumnya tidak mempunyai ataupun bagi yang baru sedikit memiliki pengetahuan mengenai sastra. Dengan karakteristik semangat dan humor, Terry memperlengkapi mahasiswa generasi baru dengan restrospektif, tinjauan perkembangan terakhir seperti teori feminis, postrukturalisme, postmodernisme atau pada umumnya apa yang disebut teori kultural.
Beberapa teori sastra secara eksklusif bersifat berkelompok dan tertutup terhadap ide baru, dan buku ini mewakili sebuah usaha untuk mengatasi kerusakan yang disebabkan sifat-sifat itu dan membuatnya semakin mudah diakses secara luas. Tetapi ada juga beberapa sisi di mana teori sastra justru tidak bersifat elitis sama sekali. Yang benar-benar elitis dalam kajian sastra adalah ide bahwa karya-karya sastra hanya dapat diapresiasi oleh mereka yang dibesarkan dengan cara yang beradab. Ada beberapa orang yang dianggap mempunyai ‘nilai-nilai sastra’ dalam sendi-sendi tulang mereka, dan ada juga yang terlunta di sisi luar kegelapan.

88

Judul buku : Setetes Air Di Tanah Gersang
Pengarang : Doorjte Irene Gaspersz
Resensi :

Buku bacaan ini guna turut serta mendukung program pemerintah. Bacaan yang bermutu dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia guna mendukung program pemerintah. Bacaan yang bermutu dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia guna mendukung pembangunan nasional. Penulis tertarik dengan latar belakang krisis yang sedang melanda tanah air tercinta. Berlatar belakang masalah ini penulis memberanikan diri untuk mengangkat judul “Setetes Air di Tanah Gersang”.

89

Lupus Krismon
Hilman

Kayaknya bosen juga ya denger kata “Krismon” tapi ya mau gimana. Krisdayati aja belakangan ini kalah ngetop sama krismon. Dan krismon emang menyentuh semua orang, nggak kecuali Lupus dan csnya. Gara-gara krismon yang menghimpit, Lupus cs jadi kerja ekstra keras untuk bisa tetep jadi anak-anak cool.

90

Judul Buku : Windows 95
Pengarang : Sonny Walla
Resensi :
Seri Panduan Bagi Orang Sibuk adalah referensi aplikasi komputer ysng paling popular di Seantero dunis, seperti Microsoft Office, Lotus SmartSuite, dan Novel Perfect Office. Seri ini menitikberatkan pada metode how to yang menyajikan setiap topic secara individual sehingga mudah dicari kapan saja Anda memerlukannya. Setiap topic berisi langkah-langkah yang mudah dipahami sehingga memungkinkan Anda langsung menerapkannya tanpa banyak membaca. Dengan tata letak dan ukuran huruf yang nyaman dibaca, seri ini akan membantu meningkatkan kinerja dan produktivitas Anda. Letakkan buku ini disisi computer Anda sebagai referensi pribadi, setiap saat Anda membutuhkannya.

91
Judul Buku : Jalan Tak Ada Ujung
Pengarang : Mochtar Lubis
Resensi :
Jakarta selama bulan-bulan setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 adalah kota yang dicekam ketegangan. Ketegangan antara kelompok pemuda-pemuda pejuang kemerdekaan dengan berbagai kesatuan tentara Jepang yang menunggu-nunggu kemerdrekaan sedang asik mengumpulkan persenjataan dari pasukan-pasukan Jepang, dan juga ketegangan dalam hati seluruh rakyat Indonesia mengenai siapakah yang akan dating pertama dari Sekutu, tentara Inggris atauBelanda?. Itulah “setting” Jalan Tak Ada Ujung yang mengisahkan pejuang-pejuang seperti Hazil, pemusik yang bersemangat berapi-api. Guru Isa yang lembut hati dan tidak suka kekerasan, istrinya yang merindukan kasih lelaki. Perlawanan terhadap tentara Belanda yang hendak menjajah Indonesia kembali. Perlawan dari berbagai manusia Indonesia, kehangatan cinta, semangat berkobar perjuangan, ketakutan, kejahatn manusia terhadap manusia, penemuan diri dibawah siksaan, dan kemenangan manusia dalam pergaulan dirinya sendiri, kekejaman peperangan… Semua ini dapat ditemukan dalam novel ini.

92
Judul Buku : Mestakung
Pengarang : Yohanes Surya
Resensi :
Jangan kaget! Rahasia semua itu ternyata ternyata tefokus pada satu kata mestakung, yang berarti seMESTA menduKUNG! Istilah ini diambil dari konsep sederhana fisika, bahwa ketika sesuatu berada pada kondidi kritis maka setiap partikel disekelilingnya akan bekerja serentak demi mencapai titik ideal. Mestakung menempatkan masalah dan rintangan menjadi kondisi kritis yang mendorong kekuatan lingkungan alam mendukung upaya mewujudkan mimpi.

93
Judul Buku : Perang Siasat Aplikasi Rumus Fisika SMA
Pengarang : Abdul Muis
Resensi :
Di Kepala siswa banyak sekali dijejali rumus-rumus yang konon ampuh untuk menyelesaikan berbagai soal yang diujikan. Dengan usaha keras siswapun menghafalnya, agar dapat sukses. Namun kenyataannya nilai fisika mereka masih banyak yang “kebakaran”. Apa yang salah sesungguhnya? Gurunya? Buku peganganya? Tentor  pembimbingnya? Rumusnya? Atau Siswa sendiri? Tak usah mencari kambing hitam simak saja buku ini.Buku ini ditulis dengan bahasa yang disesuaikan dengan logika siswa sehingga mudah dipahami. Inti buku ini hanya sederhana, yaitu cara mudah untuk menentukan rumus apa yang harus dipakai dan bagaimana memakainya untuk menyelesaikan sebuah soal.

94
Judul Buku : Aku Datang Memenuhi Panggilan-Mu Ya Allah
Pengarang : Hendra Esmara
Resensi :
Ketika akan berangkat ke Tanah Suci, sebuah pertanyaan melekat dalam diri Profesor Hendra Asmara, “Mengapa kita diperintahkan Allah untuk menunaikan ibadah haji?”. Perintah itu merupakan rukun islam yang kelima – sebaga
imana terdapat dalam surat Al-Imran ayat 97 – mengerjakan haji adalah kewajiban manusia karena Allah yaitu bagi yang sanggup melakukan perjalan kesana. Dengan kerangka pikiran itu, ia berangkat menunaikan ibadah haji dalam tahun 1992 yang lalu. Walaupun merupakan orang yang “awam” dalam bidang keagamaan tetapi dari pengalaman dan renungannya selama menunaikan haji tersebut, ia berhasil menjawab “permasalahan tersebut.

95
Judul Buku : Einstein Juga Manusia
Pengarang : Alice Calaprice
Resensi :
Bahwa Einstein juga manusia itu sama dengan menunjuk pada tata bahasa Einstein juga sering dipandang bukan manusia. Dan siapa yang belum pernah mendengar nama itu? Pantaskah nama itu menjadi begitu besar? Tergantung – Einstein penemu Teori Relativitas E = mc2 dengan segala kiprahnya sebagai ilmuwan terkenal atau Einstein sebagai Einstein. Setelah membaca buku ini, bahkan seorang pembaca yang belum pernah satu kalipun mendengar nama itu akan tahu tentang orang ini luar dalam pemikiran-pemikirannya yang orisinal dan genial mengenai segala ragam hal apa saja. Buku ini memperkenalkan siapa Einstein secara intim. Buku ini mengajak setiap pembacanya menjelajahi relung-relung pemahaman, persepsi, dan nilai segala relativitasnya.

96
Judul Buku : Membangun Masyarakat Pancasila
Pengarang : Sirait Midian
Resensi :
Kita sadar sepenuhnya bahwa membangun masyarakat Pancasila menuntut keyakina, tekad, dan perjuangan bersama sebagai bangsa, karena tidak sepi dari berbagai hambatan, tantangan, dan ancaman dari dalam maupun luar. Memasuki era globalisasi abad 21 masalah visi dan misi bersama, kemajemukan serta wawasan kebangsaan harus tetap menjadi perhatian kita bersama. Demi suksesnya pembangunan nasional sebagai pengalaman Pancasila khususnya, dan kelangsungan hidup bangsa pada umumnya. Keanekaragaman bangsa dan masyarakat Indonesia merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa harus kita syukuri dan nikmati. Berhasil atau tidaknya pembangunan nasional sangat bergantung pada bagaimana kita menyikapi visi dan misi diatas. Itulah tugas panggilan dan sekaligus tanggungjawab bersama yang harus kita jawab secara bersama-sama pula untuk menjawab dinamika masyarakat dengan seluruh dilemanya.

97
Judul Buku : Lahirnya Sebuah Peradaban
Pengarang : Yves Brunsvick & Andre Danzin
Resensi :
Lahirnya Sebuah Harapan Globalisasi merupakan salah satu aspek yang memunculkan peradaban baru. Metamorfosis sosial ini mempengaruhi setiap aspek pribadi dan masyarakat, hubungan kemanusiaan dengan ruang dan waktu, kesuburan dan demografi, hubungan social ditempat kerja dan lingkungan masyarakat, status perempuan, adat istiadat, nilai dan hubungan kekuasaan.
Metamorfosis ini diawali dengan penyebaran ilmu pengetahuan kedalam seluruh aktivitas manusia yang memunculkan masalah akut dalam pengaturan ekonomi dan keseimbangan lingkungan, serta menuntut kemajuan fundamental dalam bidang etika.Hal ini menuntut diterimanya aggiomamento (pembaruan/modernisasi) kebudayaan dan evolusi social, dan juga memerlukan perombakan menyeluruh pada cara berpikir mengenai sistem organisasi, politik, dan pendidikan.

98
Judul Buku : Cara Mudah dan Cepat Memliki Website Gratis di      www.100webspace.com dengan Aura CMS
Pengarang : Sudarma
Resensi :
Keinginan memiliki website saat ini bukan hal sulit jika kita mengerti cara instannya. Dunia internet banyak menawarkan hosting gratis salah satunya adalah www.webspace.com dan dengan dukungan CMS karya anak bangsa AuraCMS, maka dalam hubungan menit Anda akan memiliki sebuah website cantik dan dinamis tanpa harus membayar sepeserpun.
Buku ini menuntun secara ringkas dan terarah sehingga Anda yang baru mengenal internetpun akan mampu mengikutinya tanpa harus bersusah payah mempelajari pemograman website dan databse.

99
Judul Buku : Pengajaran yang Kreatif dan Menarik
Pengarang : LouAnne Johnson
Resensi :
            Pengajaran yang kreatif menawarkan strategi yang akan membantu guru baru dan guru lama menciptakan lingkungan kelas yang dinamis yang dikelas itu siswa menikmati pembelajaran dan guru menikmati pengajaran. Buku yang sangat bagus dan penting ini diisi dengan nasihat unik, daftar periksa, buku laporan siswa beserta: Rencana untuk membantu sukses minggu pertama masuk sekolah, pendekatan untuk menciptakan rencana disiplin yang positif, metode untuk memotivasi siswa, strategi sukses pengelolahan kelas, saran penciptaan dan peningkatan mutu portofolio siswa.

100
Judul Buku : Kimia SMA kelas X
Pengarang : Unggul Sudarmo
Resensi :
           Buku Seri Mode Simple (SMS) ini menyajikan pendekatan pembelajaran yang cukup efektif, yaitu belajar melalui cara-cara yang simple atau sederhana. Tetapi mampu menanamkan konsep-konsep dasar kimia yang pada gilirannya sangat menunjang pemahaman ilmu kimia secara menyeluruh. Pemaparan ilmu kimia secara simple pada buku ini akan membentuk sikap yang positif terhadap kimia, yaitu merasa tertarik untuk mempelajari kimia lebih lanjut karena merasakan keindahan dalam keteraturan perilaku alam serta kemampuan kimia dalam menjelaskan berbagai peristiwa alam dan penerapannya dalam teknologi.

101
Judul Buku : Kimia SMA kelas XI
Pengarang : Michael Purba
Resensi :
Buku ini disusun untuk menunjang pelaksanaan kurikulum2004 berbasis kompetensi, sebagaimana kita ketahui “perbedaan utama antara kurikulum lama dengan kurikulum berbasis kompetensi, terletak pada kata pengembangan, penataan materi, dan metode pembelajaran. Dalam hal ini metode pembelajaran kurikulum 2004 menuntut siswa sebagai hasil pembelajaran yang meliputi aspek kognitif, skills, dan sikap/nilai.
Oleh karena itu, siswa dalam proses pembelajaran tidak saja harus mengetahui fakta, konsep / prinsip, tetapi juga terampil untuk dapat menerapkan pengetahuannya dalam menghadapi masalah dalam kehidupan dan teknologi. Selain itu, menyadari akan adanya diversifikasi kurikulum yang sedikit banyak akan membedahmateri pembelajaran dari satu daerah ke daerah lain. Maka kami menyajikan materi dengan cakupan yang luas, sehingga para pemakai dapat memilih materi sesuai keperluan.

102
Judul Buku : Membongkar Kebohongan Buku “Mantan Kyai NU Menggugat Sholawat & Dzkir Syirik” H. Mahrus Ali
Pengarang : Abdulloh Syamsul Arifin, at. all
Resensi :
Telah beredar buku “Mantan Kyai NU Menggugat Sholawat Dzkir Syirik” yang ditulis oleh H. Mahrus Ali dan diberi kata pengantar oleh KH. Mu’amal Hamidy.
Isi buku yang cukup meresahkan banyak kalangan kaum muslimin terutama warga nahdliyyin itu, secara subtansial terdapat banyak kebohongan yang cukup mendasar dan perlu diluruskan. Kehadiran risalah ini telah membongkar kebohongan H. Mahrus Ali yang secara keseluruhan bermuara pada empat poin: Tawasul dan istighosah, Sunnah dan Bid’ah, Keagungan Rosululloh, dan masalah bermadzab.

103
Judul Buku : Shalat Menjadikan Hidup Bermakna
Pengarang : Prof. Dr. Zakiah Daradjat
Resensi :
Setiap hari setidaknya lima kali, kita mengerjakan shalat, mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kita memphon perlindungan-Nya, kita memohon petunjuk-Nya, kita memohon limpahan karunia-Nya. Tetapi pernahkah terpikir oleh kita mengapa Allah mewajibkan kita shalat 5 kali sehari semalam dan waktunya ditentukan pula? Mengapa shalat tidak dapat dikerjakan sembarang waktu?.
Dalam buku ini diuraikan arti dan pengaruh tiap waktu shalat itu bagi kehidupan kita umumnya, bagi kesehatan mental khususnya. Apa maksud Allah SWT mewajibkan kita shalat Shubuh, dan apa pengaruhnya dalam langkah kegiatankita pada hari itu? Apa pula maksud makna shalat Dhuhur, shalat Ashar, shalat Magrib, Shalat Isya’ dan Jumat?

104
Judul Buku : Islam Masa Kini
Pengarang : Asghar Ali  Engineer
Resensi :
Orang yang benar-benar religius adalah yang sangat sensitive terhadap penderitaan orang lain, terutama penderitaan orang-orang yang tertindas. Rasa belas sangat fundamental untuk menjadi religius. Dalam tradisi agama, terutama dalam tradisi islam, Tuhan merupakan penjelmaan cinta kasih. Tak seorangpun yang bisa mengklaim sebagai orang religius yang seutuhnya jika kurang memiliki kasih saying dan sensitivitas terhadap penderitaan orang lain.
Al-Qur’an menitikberatkan empat ajaran terpenting yang tanpa ajaran tersebut seseorang tidak dapat disebut sebagai seorang muslim yang baik. Keempatnya adalah ‘adl (keadilan), ihsan (berbuat baik), rahmah (cinta kasih), dan hikmah (bijaksana). Orang yang hidup di masa kini harus adil, baik, cinta kasih dan bijaksana agar menjadi manusia yang sesungguhnya.

105
Judul         : Sastra Indonesia Modern.
Pengarang: Drs.Soekono Wirjosoekarmo
Resensi:
Hadirnya Buku sejarah Sastra Indonesia ini bermaksud untuk mendampingi buku Pengantar ke Arah Studi Teori Sastra Indonesia Yang telah terbit lebih dahulu. Dengan demikian para pemakai dapat memperoleh gambaran secara menyeluruh tentang Sastra Indonesia baik dari segi teori maupun dari segi sejarahnya.

106
Judul          : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Pengarang : Ismail Arianto dkk
Resensi     :
Pendidikan kewarganegaraan merupakan usaha membekali peserta didik dengan pengetahuan dan kemampuan dasar yang berkenaan dengan hubungan antarwarga negara serta pendidikan  pendahluan bela negara agar menjadi warga negara yang dapt mengandalkan oleh bangsa dan negara.

107
Judaul Buku      : Kebakuan dan Ketidakbakuan Kalimat Dalam Bahasa Indonesi
Pengarang : Dirgo Sabariyanto
Resensi :
Buku berjudul kebakuan dan ketidakbakuan kalimat dalam bahasa indonesia berisi bahasa dalam kalimat baku dan kalimat tidak baku. Bahasa tu berfokuskan pada penalarannya. Artinya mengapa , sebuah kalimat dikatakan baku dan mengapa pulla dikatakan tidak baku. Disamping ituu bahasa tersebut dapat  memberikan petunjukk dalam penyusunan kalimat yang baku. Oleh karena ituu buku ini layak di baca oleh siapa saja yang ingin berbahasa indonesia denagan benar karena kalimat baku ialah kalimat yang benar.

108
Judul Buku :Sosiologi 1
Pengarang  :Azis Suganda
Resensi :
Sosiologi secara arfia bersal dari kata socius dan logos. Socios dapat diterjemakan  sebagai teman , sedangkan logos dapat diterjemakan    sebagai ilmu. Penggabungan keduanya  secara umum menghasilkan pengertian sosiologi , yaituu suatu ilmu tentang hubungan antara teman dengan teman. Secara lebih luas sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari interaksi manusia di dalam masyarakat. Istilah sosiologi digunakan pertama kali oleh Auguste Comte (179-1857) , tokoh yang dipandang sebagai Bapak Sosiologi.

109
Judul Buku     :Geografi 1
Pengarang       :Sumadi sutrijat
Resennsi :
Buku Geografi 1 SMU ini disusun berdasarkan kurikulum 1994 dilihat dari aspek isi dan penyajian materi dengan memperhatikan dan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran yang dituntut oleh  kurikulum. Buku ini  diharapkan  memberikan peluang bagi siswa untuuk mengembangkan kemampuannya secara mandiri dan bertanggung  jawab dalam menghadapi masalah – masalah  geografi yang timbul di lingkunggannya..

110
Judul  buku :Hukum waris Islam
Pengarang   : Fiqh Mawaris
Resensi        :
Fiqh Mawaris atau  yang lebih dikenal dengan  hukum membandingkan hukum warisan dalam Islam (Hukum Al  Qur ‘an) serta sejarah pembagian pusaka di jaman jahilliyah.  Ilmu ini dianggap separo bagian dari ilmu Syari‘ah.

111
Judul Buku  : Terampil Berbahasa Indonesia 2
Pengarang    :   Geraf , gorys
Resensi   ,       :
Aspek sekmental adalah bentuk bahasa yang dapat dipilih- pilih atau disekat-sekat menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Aspek ini secara urutan dimulai dari wacana , kalimat , klausa ,  frasa , kata , morfem, hingga fonem.

112
Judul               : Atheis
Pengarang       : Achdiat K. Mihardja
Resensi            :
            Roman Atheis mengetengahkan perkembangan yang khas bagi masyarakat Indonesia sejak permulaan abad kedua puluh, yakni pergeseran gaya hidup yang tradisional ke gaya hidup yang modern. Pergeseran itu membawa serta perselisihan dan bentrokan antara paham-paham yang lama dan yang baru, terjadi khususnya di lapangan sosial budaya dan politik. Perkembangan di dalam masyarakat itu tidak luput meninggalkan pengaruhnya kepada pengalaman batin manusia. Keresahan batin di tengah-tengah bergeloranya pertentangan paham di zaman penjajahan Belanda dan Jepang menjadi pokok perhatian roman ini.
            Atheis telah berulang kali dicetak ulang. Hal itu menandakan betapa besar sambutan masyarakat pembaca kita terhadap karangan penulis terkenal Achdiat K. Mihardja. Kecuali itu, kita boleh berkesimpulan bahwa penyajian tema dan struktur roman itu telah memenuhi harapan orang banyak akan hasil sastra yang bermutu.

113
Judul               : Tamu
Pengarang       : Wisran Hadi
Resensi            :
            Ongga bukan kepala kaum, tetapi banyak kerabatnya berpaling pada dia untuk urusan pribadi maupun masalah bersama. Prinsipnya terusik, dan karenanya ia memilih menarik diri. Tetapi, tatkala lama tak lagi kedatangan tamu ia disergap rasa sepi yang aneh-satu situasi eksistensial yang digarap secara intens oleh pengarang.

114
Judul               : Menimba Ilmu dari Museum
Pengarang       : Pratameng Kusumo
Resensi            :
            Buku Menimba Ilmu dari Museum memiliki berbagai pengetahuan bagi pelajr SMP. Di dalamnya dijelaskan soal sejarah, perkembangan dan pemanfaatan museum yang ada di Indonesia. Selain itu mereka juga akan mengetahui benda-benda kuno  warisan  nenek-moyang, disamping tambahan pengetahuan mengenai tanaman obat-obatan yang ada di tanah air kita.
            Dengan cara penjelasan yang lancar dan sistematik, para pelajar sebagai pembacanya tentu akan cepat menangkap informasi yang terkandung di dalamnya.

115
Judul buku : dasar –dasar meresensi buku
Pengarang : Slamet Soewandi
Resensi       :
            Padanan kata resensi ( bahasa Belanda, recensi ) adalah review ( bahasa inggris ) yang berasal dari bahasa Latin revider ( re “kembali”, videre “melihat” ). Didalam konteks pemakaian di Indonesia, kata itu dipadankan dengan kata – kata timbangan buku, tinjauan buku, pembicaraan buku, dan akhir – akhir ini muncul kata bedah buku.

116
Judul buku : Ensiklopedia suku bangsa di indonesia
Pengarang : zulyani Hidayah
Resensi       :
            Motto “ bhineka tunggal ika” yang telah banyak dikenal masyarakat Indonesia mempunyai arti bahwa walau masyarakat negeri ini amat beragam dalam berbagai aspeknya, namun tetap satu kesatuan. Namun demikian, tidak banyak yang mengetahui bagaimana sebenarnya keragaman suku – suku bangsa yang ada itu.

117
Judul buku : soal dan penyelesaian UMPTN
Pengarang : Bob Foster         
Resensi       :
            Otot terdiri atas kira – kira 80% air. Sisanya 20% sebagian besar adalah protein myosin dan aktin, sisa lainya lemak, glikogen, keratin fosfat dan ATP. Otot yang berkontraksi membutuhkan energy. ATP adalah sumber energy langsung untuk kontraksi otot. Energy ini didapat dari hidrolis.

118
Judul buku : Perang
Pengarang : Putu Wijaya
Resensi       :
            Kisahnya berkisar sekitar perilaku manusia manakala berhadapan dengan kekuasaan, berikut berbagai paham dan ideology yang melahirkan intrik yang tak berkesudahan. Ketika para dewa menyusun scenario bahwa perang baratayudha harus meletus, para panakawan mempertanyakan, apa benar korawa adalah musuh kebenaran. Bukanlah kemenangan pandawa kelak akan lebih banyak disebabkan oleh campur  tangan  dewa ?

119
Judul buku : Biologi 3
Pengarang : Moh. Amien Sukarno
Resensi       :
            Buku petunjuk guru ini terdiri atas dua bagian yaitu : a. petunjuk umum dan b. petunjuk khusus. Buku petunjuk guru ( PG ) ini dirancang bukan sebagian instruksi, melainkan merupakan sajian alternative ( pilihan ) agar para guru memperoleh wawasan yang lebih luas. Bagi guru yang sudah mempunyai bvanyak pengalaman, mungkin bukam merupakan hal baru .

120
Judul buku : Diksi dan Gaya Bahasa
Pengarang : Gorys Keraf
Resensi     :
            Untuk dapat menulis sebuah karangan  baik fiksi maupun ilmiah tentulah di butuhkan persyaratan tertentu. Persyaratan itu antara lain : seseorang harus mampu memilih kata- kata yang tepat, harus luas kosa katanya, harus mampu menggunakan kamus yang ada, dan lain –lain. Disamping itu, seorang penulis harus mampu mengungkapkan maksud dengan gaya bahasa yang cocok dan tepat.

121
Judul buku : Menyisir dari Pinggir
Pengarang  : Veronica Kusuma
Resensi      :
            Percayalah, bahwa advokasi bukan hanya sesuatu dengan pekik keras, tempik – sorak dan tangan terkepal yang mengacung ke udara. Ia bisa jadi adalah kerja sunyi yang penuh dengan bekal kesabaran dan ketelatenan. Percayalah pula bahwa advokasi bukan mukjizat. Ia tidak turun dari langit biru. Advokasi juga bukan nubuat yang keluar mulut seorangmesias. Advokasi bukan mikjijat karena segala prosesnya bisa dipelajari, dijajaki dan di tapaki, juga karena bisa dilakukan oleh orang orang yang tidak terbekati dari langit alias orang – orang biasa.

122
Judul buku : Melejitkan Potensi Otak
Pengarang  : Muhammad Musrofi
Resensi       :
            Jika di ukur atau di timbang, otak anda dapat di pegang hanya dengan satu telapak tangan. Beratnya hanya sekitar 1.5 kg. dibandingkan dengan total berat tubuh kita, timbangan itu sangat ringan bukan ? namun jangan anda bertanya tentang fungsi otak bagi kehidupan anda. Di sinilah pusat kendali kehidupan anda. Karena disinal pusat jaringan sel dan saraf yang menghubungkan seluruh fungsi tubuh.  Ada sejuta potensi yang sering kali tidak di maksimalkan . jika anda bisa memaksimalkanya , bukan tidak mungkin anda akan melebihi  Thomas Alva Edison yang memiliki 1.093 hak paten atau Mozart sang master music klasik. Dengan melejitkan potensi otak, terbuka kemungkunan besar untuk menjadi genius besar. Buktikan sendiri.

123
Judul buku : Dasar – Dasar Elektronika
Pengarang  : Owen Bishop
Resensi      :
            Elektronika adalah ilmu mengenai electron. Dalam electron, di kaji berbagai cara penggunaan electron untuk melakukan hal- hal yang menarik dan bermanfaat. Elektronika membawa perubahan besar dalam hidup kita. Tanpa elektronika hidup tidak akan senyaman , seaman , dan semenarik apa yang kita alami sekarang. Dalam buku ini terdapat dasar – dasar kelistrikan dan tipe tipe komponen. Buku ini memakai pendekatan yang berpusat mahasiswa. Fitur- fitur yang ditampilkan antara lain : Ujian pengetahuan alam, aktivitas yang harus dilakukan, fakta kunci, rumus, definisi, teori, aplikasi, tips perancangan, dan format halaman ganda.

124
Judul buku : Antropologi
Pengarang  : Nugroho Trisnu Brata
Resensi       :
            Buku ini emeuat materi yang mencangkup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, sehingga  siswa diharapkan mampu mengembangkan potensi diri mereka. Selain itu, terdapat bebrapa fitur perlengkapan yang memudahkan siswa memahami materi dan mengembangkan wawasanya. Fitur- fitur itu antara lain : Uji materi, aktivitas, kolom antropologi, sekilas tokoh, analitika dan evaluasi.

125
Judul buku : Sukreni Gadis Bali
Pengarang  : Panji Tisna
Resensi       :
            Dalam sukreni gadis bali ini, nyoman pandji tisna menceritakan nasib serta duka derita seorang gadis bali bernama sukreni . mula – mula ia diperkosa oleh seorang bangsawan hidung belang yang sekaligus menjabat sebagai Mantri Polisi. Setelah itu sukreni masih terus menemui kepapaan sehingga akhirnya ia hanya rela menerima nasibnya seperti yang sudah merupakan suratan takdir dari Hyang Widhi Wasa.

126
Judul buku : Ekologi Lingkungan Hidup dan Pembangunan
Pengarang  : Soemarwoto Otto
Resensi       :
            Hanya dalam lingkungan hidup yang optimal, manusia dapat berkembang dengan baik , dan hanya dengan manusia yang baik lingkungan akan berkembang kea rah yang optimal. Lingkungan hidup dapat dikata melintasi semua sector. Buku ini menganut bebrapa sector yaitu sector ilmu pertanian dan ilmu hayati.

127
Judul buku : Kimia
Pengarang  : Ungul Sudarmo
Resensi       : 
            Pemaparan ilmu kimia yang secara simple dalam buku ini akan membentuk sikap yang positif terhadap kimia, yaitu merasa tertarik untuk mempelajari kimia lebih lanjut karena merasakan keindahan dalam keteraturan perilaku alam serta kemampuan kimia dalam menjelaskan berbagai peristiwa alam dan penerapanya dalam teknologi. Fitur – fitur yang terdapat dalam buku ini antara lain : contoh soal, latihan soal, ringkasan istilah, dan kegiatan pengalaman belajar siswa.

128
Judul buku : Sosiologi
Pengarang  : Idianto Muin
Resensi       :
            Sosioologi merupakan kunci untuk memahami kehidupan social. Begitu banyak fenomena dan peristiwa social di sekeliling kita yang sangat menarik untuk diselidiki dan menantang kita untuk memahaminya sebagai satu kesatuan dinamika social. Fitur – fitur yang disajikan dalam buku ini adalah : alur pemikiran, aktivitas mandiri, terapan sosio, proto sosio , serta glosarium dan indeks.

129
Judul buku : Pendidikan Kewarganegaraan
Pengarang  : Budiyanto
Resensi       :
            Pendidikan kewarganegaraan merupakan pendidikan yang dimaksudkan untuk menigkatkan kesadaran  dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa,  dan bernegara serta penigkatan kualitas dirinya sebgai warga Negara. Topoik pembahasan antara lain : persatuan dan kesatuan bangsa, norma , hokum dan peraturan, hak asasi manusia, kebutuhan warga Negara, konstitusi Negara, kekuasaan dan politik, pancasila , dan globalisasi

130
Judul buku : Penginderaan Jauh
Pengarang  : Sutanto
Resensi       :
            Penginderaan jauh ialah ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang objek, daerah, atau gejala dengan jalan menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan alat tanpa kontak langsung terhadap objek, daerah, atau gejala yang dikaji. Alat yang dimaksud  di dalam batasan ini ialah alat penginderaan atau sensor. Hasil  interaksi antara tenaga dengan objek direkam oleh sensor.

131
Judul buku : Kesusastraan  Indonesia  Dimasa Jepang
Pengarang  : Jassin
Resensi       :
            Buah kesusastraan adalah lukisan  jiwa dan lukisan sekitar di pendang dari suatu kesadaran. Dalam perjalanan jiwa beberapa pengarang dan penyair muda yang timbul  dengan datangnya bala tentara nipon di Indonesia, kelihatan perjalanan jiwa sebagaian terpelajar kita. Bukan saja yang muda – muda yang pada umumnya  jiwanya masih lemas untuk di bentuk.

132
Judul buku : Kiat Menulis Cerita Pendek
Pengarang  : Harris Effendi Thahar
Resensi      :         
            Barangkali, bakat bercerita  si pembual sebenarnya adalah  bakat alami yang dimulai sejak zaman dongeng nenek. Jika saja si pembual beruntung melanjutkan  minatnya membbaca dongeng dan berlanjut memilih bahan bacaanya sendiri, besar kemungkinan ia akan tumbuh menjadi seorang penulis cerita fiksi atau sastrawan tulis. Hal ini cukup beralasan karena hamper semua sastrawan di Indonesia pada awalnya mempunyai kebiasaan membaca fiksi sedari kecil, tidak soal apakah fiksi dongeng atau fiksi modern.

133
Judul buku : Teknik Membaca Peta dan Kompas
Pengarang  : Adiyuwono
Resensi       :
            Peta dan kompas merupakan suatu penemuan manusia yang tak ternilai harganya. Dengan adanya peta , kita dapat lebih mengenal bumi yang kita tempati ini. Selain itu juga ditemukan kompas. Beribu bahkan berjuta manusia  merasakan keampuhan kompas sebagai alat petunjuk dan pedoman dalam perjalanan manusia.

134
Judul buku : Pencak Silat Merentang Waktu
Pengarang  : O’ong Maryono
Resensi       :
            Tapak dan langkah tidak berarti jika tidak disatukan  dalam pencak silat, umpama rumah yang tidak terpancang, perang yang tidak berhulu dan keris yang tidak berbisa.  Pencak silat dan masyarakat seperti keris dan sarungnya. Rasanya sulit untuk dipisahkan.

135
Judul Buku : Ledakan EQ
Pengarang : Steven J. Stein Ph.D.
Resensi :
Buku ini memperlihatkan, betapa EQ dapat meneka tingkat pemborosan akibat sistem rekrutmen yang mengabaikan faktor kecerdasan emosional dan meningkatkan kinerja penjualan di perusahaan-perusahaan terkemuka didunia.
Mudah dibaca, gampang dipahami, ledakan EQ sempat menduduki urutan ke-3 dalam buku bisnis terbaik versi surat kabar nasional Kanada, Globe And Mail edisi 15 desember 2000 mengalahkan Who Moved My Cheese. Ilustrasi dan anekdot dalam buku ini membantu pembaca mengenali, meningkatkan, dan memanfaatkan 15 prinsip kecerdasan emosional dalam konteks hubungan antar pribadi, keluarga, maupun bisnis. Kejutan EQ pada masa-masa awal kemunculannya mungkin belum lagi sirna, bagaimanapun anda harus bersiap menerima ledakan EQ yang baru, demi memastikan kesuksesan anda.

136
Judul Buku : Hama Dan Penyakit Tanaman
Pengarang : Ir. Pracaya
Resensi :
Dalam budidaya tanaman, faktor pengendalian penyakit memegang peranan penting. Bagaimanapun suburnya tanah, cocoknya iklim, unggulnya bibit, atau ketepatan pemupukan, tanaman tidak akan memberi hasil panen yang memuaskan bila terserang hama penyakit. Akibatnya tidak hanya kegagalan panen, tetapi juga matinya tanaman sehingga kerugiannya sangat besar. Apalagi investasi dibidang pertanian saat ini dilakukan besar-besaran. Tak pelak lagi, pemahaman dan penguasaan tentang hama penyakit mutlak diperlukan. Buku ini menjelaskan secara rinci mengenai hama penyakit berbagai tanaman yang disebabkan oleh serangga, tungau, nematoda, siput, cendawan, bakteri, virs dan tanaman parasit. Penulisannya pun jelas, mulai dari gejala hingga cara pengendaliannya, sehingga mudah dipahami dan dipakai sebagai buku pegangan dilapangan oleh para hobiis dan pembudidaya. Tidak itu saja, buku ini juga sarat dengan informasi sehingga penting bagi siswa sekolah pertanian, penyuluh, pengajar, mahasiswa pertanian, dosen, dan pihak lain yang berhubungan dengan hama penyakit tanaman.

137
Judul Buku : Paradigma Pembangunan Hukum di Indonesia
Pengarang :  Imam Kabul
Resensi :
Penulis melalui buku ini bermaksud untuk memaparkan tentang gagasan dari para ilmuwan yang bergelut dalam bidang hukum yang berhubungan dengan ide perkembangan hukum di Indonesia. Penulis berusaha “memotret” perjalanan dari perkembangan dimaksud serta memberinya beberapa catatan tentang perkembangan itu.

138
Judul Buku : Hukum Bisnis di Era Kapitalisme Global
Pengarang :  Imam Kabul
Resensi :
Diatur melalui norma saja, manusia masih berusaha main terabas atau terjerumus melakukan perbuatan yang merugikan orang lain atau membahayakan masa depan masyarakat, apalagi jika tidak  diatur oleh norma hukum, maka tentulah konstruksi pergaulan antar manusia semakin rawan oleh praktik-praktik tercela, tidak sehat, dan melanggar hak-hak sesama, mitra kerja, atau relasi sosial dan ekonomi.
Kecenderungan manusia dalam memburu keuntungan berlipat dengan cara-cara gampang, adalah bentuk kecenderungan yang potensial menciptakan iklim berbisnis yang tidak sehat, seperti praktik curang, menipu, menyesatkan dan monopoli. Kecenderungan demikian ini sudah seharusnya dikendalikan oleh norma hukum, apalagi di era kapitalisme global yang ditandai dengan persaingan keras dikalangan pemilik modal besar.

139
Judul Buku : Bukan Manusia Biasa
Pengarang : Riza Astuti Y.W.
Resensi :
Buku berjudul Bukan Manusia Biasa ini mengisahkan Inal Al Amin, seorang anak yang cerdas dan kreatif. Ia dipercaya menjadi ketua kelas karena kepandaian dan keberaniannya mengemukakan pendapat ketika berlangsung orientasi sekolah di awal tahun ajaran baru.
Kecerdasan dan kegemarannya menekuni ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) bidang ilmu terapan elektronika, menyebabkan Inal terdampar di masa depan. Suatu zaman yang sangat unik dan penuh pesona saiber.

140
Judul Buku : Gitanjali
Pengarang : Rabindranath Tagore
Resensi :
Gitanjali adalah serangkaian prosa puisi yang mencerminkan hubungan diantara manusia, ketuhanan, dan dunia. Spiritualitas buku ini dinyatakan dalam istilah universal, dan menemukan banyak resonansi. Karya ini juga mempunyai interaksi yang kuat tentang humanisme. Bahasa dalam buku ini sangat inah. Meliputi gambaran bunga, nyanyian burung, awan, matahari, hingga rumput liar. Bahasa tagoreh sensual dan kadang profetis mencari kearah spiritualitas baru. Sebuah buku klasik yang menggairahkan untuk menemukan kembali jati diri.
141
Judul Buku : Manajemen Koperasi
Pengarang : Dra. Ninik Widiyanti
Resensi :
Pada tahun-tahun awal kemerdekaan dan terbentuknya negara Republik Indonesia, pemerintah telah menggalakkan pembentukan koperasi-koperasi, sehingga pada waktu itu koperasi banyak didirikan oleh masyarakat akan mampu mengentaskan dirinya sendiri dari kemiskinan atau kesukaran ekonominya, yang sekaligus akan menghindarkan diri dari cengkeraman para lintah darat.
Namun, koperasi yang tumbuh bak jamur dimusim hujan ini tidak bertahan lama. Hampir seluruhnya gulung tikar setelah sebelumnya layu dan kembang kempis bagaikan pepatah “hidup segan mati tak mau”.
Buku ini membahas masalah manajemen khusus guna mengelola koperasi agar dapat tahan uji, tetap hidup dengan subur dan sehat. Bagaimanapun, koperasi sebagai bentuk usaha harus pula melakukan fungsi-fungsi manajemen demi kelangsungan hidup dan perkembangannya.

142
Judul Buku : Dasar-Dasar Sepak Bola
Pengarang : Danny Mielke
Resensi :
Jadilah pemain andal dilapangan dalam waktu singkat! Dalam dasar-dasar sepak bola kamu bisa belajar sambil mempraktiknnya. Instruksi-instruksi yang berurutan dan foto-foto yang melengkapinya akan membimbingmu melakukan berbagai ketrampilan penting.
Selain menguasai dasar sepakbola, kamu akan ditantang untuk mengembangkan khazanah ketrampilan dan memanfaatkan teknik dan taktik yang baru kamu pelajari dalam pertandingan. Dalam buku ini terdapat lebih ari 28 kegiatan mirip permainan dan latihan yang akan mempercepat proses belajarmu dan juga meningkatkan prestasimu.

143
Judul Buku : Pengantar Sejarah Baru
Pengarang : Sartono Kartodirdjo
Resensi :
Berakhirnya masa kolonial di tanah air kita bersamaan dengan munculnya pergerakan nasional. Memang dapat disimak bahwa kegiatan-kegiatan pemerintah kolonial pada sekitar pergantian abad ke-20 sangat korelatif dengan aktifitas-aktifitas kebangkitan dan pergerakan nasional. Kolonialisme sangat intensif berinteraksi dengan nasionalisme maka sungguh tepatlah pengantar sejarah indonesia baru jilid 2 tulisan Prof. DR. Sartono Katrodirdjo ini membahas sejarah pergerakan nasional dengan beranak judul : Dari Kolonialisme Sampai Nasionaisme.
Dan demi kejelasan perspektif historis, pembahasan sejarah pergerakan nasional 1900-1942, bagian kedua, di dahului oleh bagian pertama: Politik Kolonialdari Abad Ke 19 Dan Awal Abad Ke 20. Disusul oleh bagian ketiga: Sejarah Analitik Struktural, sebagai usaha penulisan sejarah baru yang mencakup stratifikasi sosial masyarakat kolonial dan sejarah analitik struktural nasionalisme indonesia.

144
Judul Buku : Cermin Kecil Jakarta
Pengarang : Rahmat H. Cahyono
Resensi :
Ada kalanya kehidupan tak seindah angan dan harapan. Apa pun yang terjadi sudah menjadi kuasa-Nya. Karena, kehidupan hanyalah cermin kecil manusia yang memantulkan siapa diri dan eksistensinya.
Begitu pun dengan Ramadhan. Sosok ringkih yang berusaha mempertahankan kehidupannya ditengah belantara memandang hidup, memaksa ramadhan kembali ke lorong gelap yang telah lama ditinggalkannya.
Ramadhan menghela nafas. Entah darimana ia menemukan ide itu. Dadanya sesak oleh deru nafasnya yang memburu, belati sudah siap menodong korbannya. Namun, sang sutradara punya skenario lain untuknya.
Apa yang terjadi? Apakah Ramadhan makin terpuruk dala keputusannya?

145
Judul Buku : Pramoedya Ananta Toer dan Sastra Realisme Sosialis
Pengarang : Eka Kurniawan
Resensi :
Pramoedya Ananta Toer adalah seorang pengarang yang karya-karyanya sangat terkenal dan dibaca oleh banyak orang di luar Indonesia,namun di dalam negeri sendiri ketika Orde Baru berkuasa sangat sulit untuk bisa mendapatkan dan membaca karya-karyanya. Menarik untuk mengajukan pertanyaan mengapa karya-karya Pramoedya oleh Orde Baru di bawah pimpinan Soeharto dianggap berbahaya, sehingga dilarang.
Beberapa orang yang pernah membaca karya-karya Pramoedya mengatakan bahwa tulisan-tulisannya sarat dengan pesan-pesan kemanusiaan serta keberpihakan kepada yang lemah, yang ditindas.

146
Judul Buku : Gaharu dan Kayangan
Pengarang :  Samson Rambah Pasir
Resensi :
Populasi ikan arowana yang semakin menyusut, membuat Batat dan Leha merasa terpanggil untuk ikut menjaga dan melestarikan ikan jenis ini. Petualangan kedua remaja ini dimulai ketika menengok anak buahnya yang bekerja sebagai pencari ikan arowana dan gaharu.
Bersama teman-temannya yang tergabung dalam satuan pramuka Satya Karya Wanabhakti dibantu beberapa polisi kehutanan, kedua remaja itu berhasil membekuk pembunuh Haji Taridi serta mengamankan Gaharu dan ikan Arwana yang akan ditangkap oleh si Jambang dan kolmpoknya.

147
Judul Buku :  Milenium Target : T
Pengarang : Darsan, S.Pd
Resensi :
Di zaman yang semakin maju ini, semakin banyak manusia yang kehilangan jati dirinya. Banyak diantara mereka yang berlomba mengumpulkan materi sebanyak-banyaknya dengan menghalalkan segala cara. Selain itu, ada juga manusia yang merasa dirinya pintar. Hasil penelitian ilmiah yang ditemukan, tidak membuat mereka mengakui kekuasaan Tuhan, tapi justru membuat mereka semakin sombong. Mereka tidak peduli lagi dengan aturan dan norma-norma, baik moral, agama, maupun lingkungan. Buku Milenium Target Taman Pulau Surga ini mengisahkan petualangan Gani Rahadian dan Zenda Tanpias di pulau surga.

148
Judul Buku : Lupus Kecil “Kucing Asuh Bernama Mulan”
Pengarang : Hilman & Boim
Resensi :
Lulu punya teman baru seekor kucing dekil yang ia beri nama Mulan! Tau nggak apa arti Mulan? Nemu dijalan! Hihihi! Tapinya tuh kucing bikin sebel orang-orang serumah! Lupus sampai rela memfitnah si Mulan sehingga si kucing diusir dari rumah! Katanya Mulan mecahin jambangan bunga Mami! Padahal sih enggak... Lulu pun sedih. Untung lupus segera sadar dan mencari Mulan. Eh, anehnya pas ketemu, Lulu nggak mau mulan dibawa ke rumah. Lho, Lho, apa yang terjadi?

149
Judul Buku : Mars And Venus On A Date
Pengarang : John Gray, P.hD.
Resensi :
Petunjuk untuk mengarungi 5 tahap berpacaran untuk menciptakan hubungan yang penuh cinta dan abadi. Kelima tahun tersebut adalah ketertarikan, ketidakpastian, eksklusivitas, keintiman, dan pertunangan. Anda akan menemukan gagasan-gagasan inspirasi tentang cara-cara menemukan pasangan sejati dan ide-ide mengenai cara menciptakan hubungan yang penuh kasih sayang, saling memuaskan, dan saling membahagiakan. Buku ini ditujukan bagi Anda yang masih bujang/lajang dan sedang mencari pasangan hidup, dan juga bagi mereka yang baru saja pisah ranjang atau yang dihantui oleh perceraian.

150
Judul Buku : Mendulang Rezeki Bermodal Hobi
Pengarang : Muhammad Musrofi
Resensi :
Jadikanlah hobi Anda sebagai bisnis!
Selama ini kita beranggapan bahwa untuk hobi kita harus senang,harus enjoy,dan tak mengapa bila harus mengeluarkan banyak uang. Pada sisi lain ada pula anggapan bahwa untuk kerja kita boleh stress,boleh pusing,dan boleh lelah. Gampangnya, hobi adalah mesin penghambur uang,sementara kerja adalah mesin pendatang uang. Mulai detik ini,baliklah anggapan itu. Jadikanlah hobi anda sebagai mesin penghasil uang,niscaya anda akan mendapat kesenangan. Pertama karena anda akan mendapatkan uang. Kedua karena hobi terpuaskan. Bagaimana caranya? Temukan jawabannya secara tuntas dalam “Mendulang Rezeki Bermodal Hobi.

151
Judul Buku : Cemara-Cemara Kampus
Pengarang : DONO
Resensi :
Kodi terpaksa pulang kampong,karena Wulan pacarnya hamil. Setelah upacara pernikahan selesai,Kodi kembali meneruskan kuliahnya di Jakart. Ia menitipkan Wulan pada Darsono , sahabat mereka. Di Jakarta kodi jatuh cinta lagi pada Arien, bahkan berhasil merebut hatinya. Tapi suatu hari tak sengaja Arien menemukan surat Wulan pada Kodi yang menceritakan Punta,anak mereka. Arien sakit hati,karena merasa dibohongi. Lalu ia memutuskan hubungannya dengan Kodi. Dalam keadaan patah hati Kodi mendapat berita mengagetkan dari kampungnya. Wulan ternyata sedang berselingkuh dengan Darsono,mereka tidak mengakuinya. Ia pun tak yakin Punta itu anak Kodi.

152
Judul Buku : It’s Smart Diary
Pengarang : Alia Yumadiawati,Musaffa Haidir
Resensi :
It’s Smart Diary akan menjadi sahabatmu yang setia. Sahabat yang bisa dibuat seideal mungkin oleh tangan-tangan kreatifmu sendiri. It’s smart Diary akan juga menjadi sahabatmu yang selalu menghibur di kala sedih dan gundah. Sahabat yang berani mengingatkan untuk tidak sombong di kala sukses. It’s smart Diary ini bukan sekedar diary. Namanya juga smart,sudah pasti bikin kamu cerdas dalam bermimpi dan mencapai kesuksesan.

153
Judul Buku : Perisai  Kasih Yang Terkoyak
Pengarang :  Mira .W
Resensi :
Aku telah berjanji pada Ayah untuk menjaganya baik-baik. Sekarang aku malah tidak tau dimana dia berada. “Tapi itu bukan salahmu!”
“Aku belum puas sebelum mengetahui dia tidak kurang satu apa”
“Kalau kau baru menemukannya sesedah rambutmu beruban, sudah terlambat untuk memikirkan dirimu sendiri.
Saat itu cempaka memang tidak menyesal 15 ia merindukan adiknya. Bertekad untuk menganyam kembali perisai kasih mereka yang telah terkoyak

154
Judul Buku : Sosiologi untuk kelas XI
Pengarang :  Kun Maryati, Juju Suryawati
Resensi
Sosiologi SMA untuk kelas XI ini memuat materi yang sesuai dengan pendekatan berbasis kompetensi dalam kurikulum 2004. Buku ini mengajak siswa untuk mengenal masyarakat dan membekali diri dengan pengetahuan untuk berpartisipasi dalam lingkungan sosial.

155
Judul Buku : Saya Memilih Islam II: Kisah orang-orang yang kembali ke jalan Allah
Pengarang :  Abd.Baqir Zein
Resensi:
“...saya melihat islam benar-benar agama yang mudah dipahami ketimbang agama-agama lain. Dalam Islam,saya temukan bahwa semua rasul yang diutus Tuhan ke muka bumi mengajarkan risalah yang satu,yaitu tauhid. Selain itu di banding agama lain,terbukti tidak ada agama yang memiliki sistem selengkap agama islam.( H. Syafi’i Antonio,M.Sc./Neo (wan chung).

156
Judul Buku : Mei Lie
Pengarang  :  Anwar Haris
Resensi       :
The power of love can change everything,begitu kata orang yang falling in love. Hal itu pula yang kini dialami Junaid yang diam-diam mencintai Mei Lie, anak pemilik Supermarket Ahuang,tempat bekerja. Mei Lie,gadis Cina yang telah memberi Junaid kekuatan untuk lebih mengenal Tuhan selama ini sering diabaikannya. Junaid pun semakin giat belajar Islam untuk menentramkan rasa cinta dn kehilangannya kepada Mie Lie.

157
Judul Buku : Larik-Lirik Mencuatkan Potensi: apresiasi musik siswa-siswi SMU (Plus)
Pengarang :  Dinno,dkk     
Resensi  :
Buku ini berisi sekumpulan makna yang di coba diikat oleh para remaja berkaitan dengan musik yang disukai dan dipilih oleh mereka sendiri. Secara sangat berani, mereka mengaitkan makna lirik-lirik musik dengan kehidupan mereka

158
Judul Buku : Pagi,siang dan malam
Pengarang :  Sidney Sheldon 
Resensi :
HARRY STANFORD, salah satu orang terkaya di dunia tenggelam secara misterius saat berlayar dengan kapal pesiarnya di lepas pantai Corsic, dan  kematiannya memicu serangkaian kejadian yang bergema ke seluruh dunia.
Morning,Noon dan Night-kisah perebutan warisan yang dituturkan dengan kepiawaian jago cerita kelas dunia dan berakhir dengan kejutan khas Sidney Sheldon.

159
Judul Buku : Pegantar Konseling dan Psikoterapi
Pengarang :  Andi Mappiare. A.T.
Resensi:
Konseling dan psikoterapi merupakan merupakan usaha profesional untuk membantu/memberikan layanan pada individu-individu mengenai permasalahan yang bersifat psikologis yang bertujuan memberikan bantuan kepada klien untuk suatu perubahan tingkah,kesehatan mental positif,pemecahan masalah,keefektifan pribadi,dan pembuatan keputusan. Buku ini dapat memberikan pemahaman dasar bagi para calon konselor dan helper karena berisi konsep,teori,dan istilah-istilah dengan penjelasan yang gamblang.

160
Judul Buku : Pegantar Konseling dan Psikoterapi
Pengarang :  Andi Mappiare. A.T.
Resensi:
Konseling dan psikoterapi merupakan merupakan usaha profesional untuk membantu/memberikan layanan pada individu-individu mengenai permasalahan yang bersifat psikologis yang bertujuan memberikan bantuan kepada klien untuk suatu perubahan tingkah,kesehatan mental positif,pemecahan masalah,keefektifan pribadi,dan pembuatan keputusan. Buku ini dapat memberikan pemahaman dasar bagi para calon konselor dan helper karena berisi konsep,teori,dan istilah-istilah dengan penjelasan yang gamblang.

161
Judul Buku: Permaian Bola Basket 50 kegiatan membangun    bola basket
Pengarang :  Kenven A. Prusak.
Resensi   : 
Para guru dan pelatih yang sedang mencari cara-cara asyik untuk meningkatkan keterampiloan dan kebugaran anak-anak,kini bisa bernapas lega. Buku Permainan Bola Basket berisi kegiatan-kegiatan mengasikkan dan kreatif.

162
Judul Buku : True Heart                                   
Pengarang : Maki Wakabayashi
Resensi  :
Dalam mengisi liburan musim panas,aku dan Etsu memutuskan untuk kerja part time di cafe Bell. Di sana kami bertemu dengan dua orang mahasiswa yabg bernama Morooka dan Harashima. Aku menyukai Morooka dan Etsu menyukai Harashima. Hubungan Etsu dan Harashima berjalan lancar.

163
Judul Buku : Pulang                                             
Pengarang :   Ganda Pekasih
Resensi  :
Apa yang kita bayangkan ketika mendengar kata “pulang”? pastilah bayangan yang indah-indah: makanan favorit,masa kecil yang menyenangkan,atau istirahat yang tenang. Ya, ada makna kebahagiaan karena kita bisa berkumpul dengan orang-orang terkasih. Tetapi,apa yang akan dialami Kiki mantan pecandu narkoba ketika kembali pulang kepada sang papa ? papa sosok yang sangat kecewabila mengetahui anak gadis kebanggaanya menjadi seorang pecandu.

164
Judul Buku : Hadi dan Zumala
Pengarang : Najib Kartapati                         
Resensi :
Sekelompok orang yang berkedok sebagai pengurus yayasan urusan haji,ternyata hanya penipu-penipu yang mencari keuntungan pribadi. Ratusan orang yang menjadi korbannya dikumpulkan dalam sebuah barak selama musim haji berlangsung. Mereka selalu menunggu saat untuk di berangkatkan.

165
Judul             : Dasar – Dasar Penulisan
Pengarang   : Nurudin
Resensi        :
            Buku ini di tulis untuk mengisi kelangkaan literature menulis di masyarakat, khususnya sivitas akademika. Buku menulis yang bersifat praktis memang banyak, tetapi buku yang menggabungkan antara perangkat teori dengan praktik disertai pengalaman menulis tidak banyak. Pengalaman menulis sebagai dosen, pembimbing penelitian, penulis artikel dan penulis beberapa teknik penulisan diramu dalam buku Dasar – Dasar Penulisan ini. Di dalam buku ini diuraikan secara dasar bagaimana menulis awal, apa saja bentuk – bentuk penulisan dan bagaimana menuliskannya. Termasuk disini bagaimana proses – proses untuk bisa menjadi  penulis, bahkan mereka yang belum pernah menulis sekalipun. Asal saja, mengikuti langkah proses penulisan yang di sajikan dalam buku ini.
            Yang dibahas dalam buku ini antara lain pengertian dan unsur – unsur menulis, manfaat dan nilai menulis, asas – asas menulis yang baik, penggolongan tulisan, bentuk – bentuk tulisan, proses menulis dan penulisan ilmiah. Agar bisa mempercepat pembaca melakukan proses kreatif menulis disertakan pula beberapa latihan di akhir bab. Sasaran buku ini antara lain; dosen, mahasiswa, peneliti, wartawan, masyarakat umum yang berminat menjadi penulis sukses.

166
Judul              : Mekanikal Elektrikal
Pengarang    : Sunarno
Resensi          :
            Penyediaan sarana kenyamanan dan keamanan bagi bangunan modern merupakan hal yang sangat vital dewasa ini. Gedung – gedung pencakar langit memerlukan lift dan eskalator untuk menunjang transportasi yang berlangsung di dalamnya. Agar penghuni nyaman, di sana juga dipasang Air Conditioner. Untuk keamanannya, gudung juga memerlukan kompa juga sekaligus hidran, yang di samping itu untuk mencukupi kebutuhan akan air, juga berfungsi untuk menghadapi keadaan darurat bila terjadi kebakaran.
            Buku ini mengupas permasalahan lift dan eskalator, pompa dan hidran, air conditioner, serta genset, lengkap dengan strategi pemasangannya untuk endapatkan hasil yang efektif, efisien, serta hemat energy.

167
Judul               : Lupus Drakuli Kuper
Pengarang     : Hilman
Resensi          :
            Ternyata memang masih banyak cerita menarik Lupus semasa kelas 2 SMA, yang belum sempet diceritakan. Salah satunya adalah kisah Drakuli ini, yang mungkin udah kamu kenal baik di buku Lupus – Ih Syereeem! Ya, cerita ini memang ada hubungannya dengan cerita tersebut. Sama – sama menyeramkan dan konyol.
            Ceritanya, tanah perkuburan milik Drakuli itu mau digusur sama pihak yang mau enaknya sendiri. Nah, bagaimana perjuangan anak – anak yang berkomplot mengusir para penggusur itu? Seru, tegang, diselipi kejadian konyol khas Lupus yang akan membuat hari – harimu penuh tawa! Bagaimana kisah selengkapnya? Silahkan ikuti saja. Selamat berdeg – degan dan ber-haha-hihi……

168
Judul              : Merpati Biru
Pengarang    : Achmad Munif
Resensi          :
            Novel ini mengisahkan kehidupan seorang mahasiswi yang ‘terjebak’ menjadi pelacur. Rahasia yang disimpan rapat itu kemudian terungkap, dan menjadi perbincangan serta perdebatan di kampus. Dunia mahasiwa yang penuh idealism, seakan terusik dan tercoreng. Novel ini ini juga menghadirkan gugatan atau pertanyaan apakah kampus memang demikian sakral, hingga tidak bisa menerima fakta social yang ada di lingkungannya sendiri? Ataukah kampus  bisa secara jernih membedakan antara institusi, pendidikan, dengan perilaku orang – orang yang berada di dalamnya.
            Penuis mengetengahkan sebuah fakta yang terlupakan. Mahasiswa, dosen dan rektor, petani maupun menteri, pejabat ataupun rakyat, apapun profesi, status sosial dan agamanya, semua itu adalah manusia. Pada diri manusia tersimpan potensi kejahatan dan kebaikan, positif dan negative, bermoral dan a-moral.

169
Judul               : Perang
Pengarang     : Putu Wijaya
Resensi          :
            Kisah ini berkisar sekitar perilaku manusia manakala berhadapan dengan kekuasaan. Berikut berbagai paham dan ideologi yang melahirkan itrik tak berkesudahan. Ketika para dewa menyusun skenario bahwa Perang Baratayuda harus meletus, para punakawan mempertanyakan, apa benar kurawa adalah musuh Kebenaran. Bukankah Kemenangan Pandawa kelak lebih banyak disebabkan oleh campur tangan para dewa? Mengapa perang saudara ini harus terjadi padahal hanya membawa bencana?
            Perang, sebuah cerita wayang kontemporer adalah satir pahit dengan humor yang menggigit. Di tulis oleh Putu Wijaya, seorang cerpenis, novelis,penulis lakon sekaligus sutradara dan actor yang karya – karya tulisnya sering mendapat penghargaan. Sebuah novelnya yang lain, Pol, juga diterbitkan oleh Pustaka Utama Grafiti (1987).

170
Judul              : Hakikat Puasa Ramadhan
Pengarang    : Ibn Taimiyah
Resensi          :
            Risalah kecil karya Ibn Taimiyah Rahimahullah Ta’ala, yang pada Edisi Indonesia-nya diberi judul “Hakikat Puasa Ramadhan” ini memuat tentang bimbingan serta beberapa contoh konkrit tentang hakikat berpuasa, sesuai dengan petunjuk Allah.  Risalah ini disamping merupakan karya ulama kenamaan, juga didukung oleh hadits – hadits yang telah di-takhrij oleh seorang ulama besar pula, yakni Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albaani, dan telah pula ditahqiq. Jadi karya ini benar – benar merupakan usaha maksimal, yang diharapkan dapat menjadi petunjuk bagi kita semua (umat islam) didalam memahami hakikat pada saat melaksanakan perintah puasa Ramadhan.

171

Judul              : Sekuncup Ide Oprasional Pendidikan Wiraswasta
Pengarang    : Wasty Soemanto
Resensi          :
            Dewasa ini dunia ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat perkembangannya, bahkan sudah serba computer yang canggih sifatnya. Hal ini akan memacu manusia untuk bersaing secara sengit.
            Dalam keadaan yang demikian ini, hanya manusia yang pandai, trampil dan berjiwa wiraswasta yang akan berhasil dan sukses dalam menempuh kariernya.
Buku pendidikan wiraswasta inilah yang memuat apa dan bagaimana kunci bagi keberhasilan seseorang dalam dunia wirswasta.

172
Judul              : Elektronika Dasar dan Peripheral Komputer
Pengarang    : Sugiri
Resensi          :
            Elektronika adalah perangkat keras yang banyak dipergunakan dalam berbagai keperluan, baik itu keperluan rumah tangga maupun keperluan komunikasi antarnegara. Beberapa peralatan canggih termasuk computer, mempergunakan perangkat elektronika  mulai dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling rumit.
Dalam bab I pembaca akan diajak untuk mengetahui beberapa teori yang mendasari pembuatan komponen elektronika. Menginjak bab II, pebaca mulai diperkenalkan dengan berbagai komponen elektronika yang sering digunakan. Dua bab berikutnya menguraikan bahsan tentang alat-alat ukur yang sering digunakan (bab III) beserta cara penggunaannya untuk menguji komponen elektronika (bab IV). Mengakhiri buku ini, yaitu bab V, dibahas mengenai aplikasi komponen elektronika pada peripheral computer seperti processor, motherboard, hard disk, RAM dan lain-lain.
            Buku ini disusun berdasarkan silabus mata kuliah dan aplikasi-aplikasi yang terdapat dilapangan dengan harapan bisa bermanfaat untuk seluruh komponen masyarakat termasuk dunia pendidikan, dunia praktisi, dunia usaha, dan sebagainya.

173
Judul              : Penuntun Belajar Sejarah 2
Pengarang    : Neiny Ratmaningsih
Resensi          :
            Sejarah (Nasional dan Umum) adalah pengetahuan mengenai proses perkembangan masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia sejak lampau hingga kini. Adapun fungsi dari pengajaran sejarah ini adalah untuk menanamkan pemahaman tentang adanya keterkaitan antara perkembangan masyarakat pada masa lampau dengan masa kini dan masa yang akan dating serta menumbuhkan kebangsaan dan cinta tanah air serta memperluas wawasan hubunga anta bangsa di dunia. Sedangkan tujuan dari pengajaran sejarah yaitu agar siswa sadar dan bangga sebagai bangsa Indonesia dengan memahami perkembangan masyarakat Indonesia, dan dunia sejak masa lampau hingga masa kini.
            Oleh karena itu, dalam materi ini banyak pendalaman dan perluasan dari buku-buku acuan sebelumnya. Untuk melengkapi tugas-tugas dalam pengajaran sejarah ini diharapkan para siswa dan guru memiliki LKS (Lembar Kerja Siswa) yang disajikan secara terpisah.

174
Judul              : Manajemen Penelitian Tindakan Kelas
Pengarang    : Sukidin, Basrowi, Suranto
Resensi          :
            Buku ini mencakup metode , prosedur, dan teknik penelitian tindakan kelas serta contohusulan penelitian tindakan kelas. Penjelasan diarahkan kepada pemberian bekal teori dan terapan kepada mahasiswa, guru, dan peneliti dibidang pendidikan. Tekanan diberikan kepada pengertian tentang metode ilmiah penelitian dikelas.
Secara keseluruhan, isi buku merupakan kumpulan hasil pemikiran penulis terdahulu, seperti Mc Niff, Mc Taggart, Hopskin, Suyanto, Sumarno, Soedarsono, dan penulis lain yang tidak dapat disebutkan satu persatu. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak bagian buku ini disunting dari tulisan hasil pemikiran pengarang tersebut.

175
Judul              : Penyakit Ginjal dan Hipertensi
Pengarang    : Erik Tapan
Resensi          :
            Penyakit ginjal dan hipertensi adalah dua yang tidak dapat dipisahkan. Hipertensi bisa menjadi penyebab maupun akibat dari penyakit ginjal. Buku ini akan mengulas tuntas apakah penyakit ginjal itu, bagaimana hubungannya dengan hipertensi, maupun sebaliknya. Informasi tersebut dikumpulkan dari berbagai sumber, dan agar lebih up to date atau akurat, penulis juga melengkapinya contoh-contoh kasus yang diperolehnya via  internet. Semoga buku ini bermanfaat bagi anda.

176
Judul              : Bank Soal Matematika SMA
Pengarang      : Heri Istiyanto
Resensi          :
            Stress menghadapi ulangan matematika? Takut tidak luus ujian nasional? Matematika sebenarnya gampang dan menyenangkan, asalkan kamu rajin berlatih. Nah, buku  Bank Soal Matematika SMA ini, membantu kamu berlatih dengan soal-soal matematika. Ada ringkasan materi dan rumus-rumus penting. Lewat buku ini kamu akan belajar mengenai bentuk akar, pangkat, dan logaritma; persamaan dan fungsi kuadrat; system persamaan linear; pertidaksamaan; logika matematika; statistika; peluang; lingkaran; trigonometri; suku banyak; komposisi fungsi dan fungsi invers; limit fungsi; turunan; integral; program linear; matriks; faktor; tranformasi geometri; dimensi tiga; eksponen dan logaritma.

177
Judul           : Hukum Tata Negara Indonesia
Pengarang    : Usep Ranawijaya
Resensi        :
            Buku ini yang semula diberi nama Himpunan Catatatn Kuliah Hukum Tata Negara Indonesia sekarang memakai nama Hukum Tata Negara Indonesia. Apabila semula dimaksudkan sebagai jilid pertama dari rangkaian penulisan catatan kuliah, maka sekarang hendak dijadikan dasar bagi penulisan hukum tatanegara Indonesia. Buku ini hendak menggabung penggambaran tatanegara Indonesia yang menurut bentuk hukumna dengan penguaraian kenyataan cara bekerjanya system tatanegara. Dengan jalan ini akan da[at diketahui lebar jurang yang terbentang antara hokum dan kenyataan pada suatu kurun waktu dalam sejarah ketatanegaraan Indonesia. Dengan mengetahui secara jelas sebab musabab terjadinya jurang yang dimaksud maka dapat diharapka rangsangan pemikiran-pemikiran kreatif para mahasiswa kea rah kemajuan hokum tata Negara Indonesia.

178
Judul              : Latihan Dasar Andal Sepak Bola Remaja
Pengarang    : Robert Koger
Resensi          :
            Buku ini ditulis oleh seorang pelatih ahli sepakbola remaja yang berpengalaman lebih dari 25 tahun dibidangnya. Buku ini merupakan kumpulan materi tentang apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemain ke level berikutnya sambil bersenang-senang. Latihan Dasar Andal Sepak Bola Remaja bisa menjadi pendamping yang sangat bermanfaat bagi pemain maupun pelatih sepak bola, baik pelatih baru maupun berpengalaman.
            Latihan-latihan dalam buku ini dilengkapi dengan ilustrai untuk menunjukkan bagaiman setipa langkah latihan dilakukan. Latihan-latihan tersebut mudah ditemukan dan diikuti, membuat setiap pelatih bisa mengajarkan ketrampilan-ketrampilan yang dibutuhkan para pemain, membantu merancang program-program latihan berdasarkan tingkat kemampuan para pemain.  Buku bergaya ensiklopedia praktir latihan sepakbola ini akan menjadi pendampig setia perjalanan pembacanya untuk menjadi pakar sepak bola. Setiap pembaca selalu ingin membawanya ke lapangan latihan.

179
Judul              : Remaja & Media
Pengarang    : Roger E. Hernandez
Resensi          :
            Para pembaca akan mendapati buku remaja & media sebagai sebuah catatan sejarah yang mengagumkan tentang interaksi antara penduduk remaja dan media dalam segala bentuknya, sejak permulaan budaya anak muda tahun 1950-an ketika istilah “remaja” atau teenager pertamakali digunakan.
            Pengarang menggunakan data dari sigi dan sumber-sumber lainnya dalam meneliti dampak media, baik positif maupun negative, pada kehidupan anak-anak muda, dan bagaimana media membentuk apa yang mereka sukai dan tidak mereka sukai. Kutipan-kutipan dari responden sigi menjelaskan statistiknya.
Memandang kedepan, Hernandez memperkirakan
 tentang jangkauan dan pengaruh internet yang semakin berkembang serta meramaikan “konvergensi media”semua media masa yang bersama-sama hadir melalui computer merupakan gelombang masa depan.

180
Judul buku : Sitti Nurbaya Kasih Tak Sampai
Pengarang : Marah Rusli
Resensi :
Ibunya meninggal saat Siti Nurbaya masih kanak-kanak, maka bisa dikatakan itulah titik awal penderitaan hidupnya. Sejak saat itu hingga dewasa dan mengerti cinta ia hanya hidup bersama Baginda Sulaiman, ayah yang sangat disayanginya. Ayahnya adalah seorang pedagang yang terkemuka di kota Padang. Sebagian modal usahanya merupakan uang pinjaman dari seorang rentenir bernama Datuk Maringgih.
Pada mulanya usaha perdagangan Baginda Sulaiman mendapat kemajuan pesat. Hal itu tidak dikehendaki oleh rentenir seperti Datuk Maringgih. Maka untuk melampiaskan keserakahannya Datuk Maringgih menyuruh kaki tangannya membakar semua kios milik Baginda Sulaiman. Dengan demikian hancurlah usaha Baginda Sulaiman. Ia jatuh miskin dan tak sanggup membayar hutang-hutangnya pada Datuk Maringgih. Dan inilah kesempatan yang dinanti-nantikannya. Datuk Maringgih mendesak Baginda Sulaiman yang sudah tak berdaya agar melunasi semua hutangnya. Boleh hutang tersebut dapat dianggap lunas, asalkan Baginda Sulaiman mau menyerahkan Siti Nurbaya, puterinya, kepada Datuk Maringgih.
Menghadapi kenyataan seperti itu Baginda Sulaiman yang memang sudah tak sanggup lagi membayar hutang-hutangnya tidak menemukan pilihan lain selain yang ditawarkan oleh Datuk Maringgih.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Info Buku
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://perpustakaansma3jember.blogspot.com/2014/12/info-buku.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Buat Email Di Google | Copyright of Perpustakaan SMAN 3 Jember.

Translate

Visitor